Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantah Hoaks, Produsen Tegaskan Permen Yupi Bersertifikat Halal

Kamis, 3 Februari 2022 22:12 WIB
PT Yupi Indo Jelly Gum mengedukasi tentang produknya yang aman, sehat dan halal secara virtual. (Foto: ist)
PT Yupi Indo Jelly Gum mengedukasi tentang produknya yang aman, sehat dan halal secara virtual. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Yupi Indo Jelly Gum memastikan semua produk dan variannya sudah mendapat pengakuan dan ketetapan, termasuk izin sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini menegaskan permen kenyal itu diproduksi dengan aman dan sehat.

Pasalnya menurut Direktur Marketing & Sales PT Yupi Indo Jelly Gum Yupi Juliwati Husman melihat adanya penyebaran hoaks yang berpotensi membuat resah dan kesalahpahaman di publik. Penyebaran isu itu mengenai halal-haramnya permen Yupi melalui video yang diduga proses produksi menggunakan elemen minyak babi di dalamnya.

Baca juga : Temui Dubes Rosan, Gubernur Nebraska Jajaki Sertifikasi Halal Dan EBT

“Selama lebih dari 25 tahun Yupi berkomitmen untuk memproduksi permen Gummy yang sehat dengan standar kualitas internasional dan tentunya aman untuk seluruh penikmatnya,” tegas Juliwati secara virtual, Kamis (3/2/2022).

Yupi mendapat ketetapan halal sejak 2012. Dan tahun ini perseroan memasuki tahap perpanjangan ketetapan halal. “Kabar dan konten itu tidak berdasar dan hoaks. Ini memberikan kegelisahan dan pengaruh kurang baik untuk masyarakat, jadi berita itu tidak benar,” kata dia lagi.

Baca juga : Pesantren Jajaki Ekspor Produk Makanan Halal

Adapun klarifikasi Yupi untuk isu gelatin yang beredar di masyarakat adalah bahwa gelatin yang digunakan dalam proses produksi Yupi di Indonesia adalah gelatin sapi, di mana bahan ini bisa membuat tekstur permen jauh lebih lembut dibandingkan permen lainnya, sehingga produk jadi jauh lebih mudah dibentuk.

Tidak hanya itu, beberapa produk inovasi terbaru dari Yupi, seperti Yupi CDZ, bahkan sudah mengandung vitamin C, D, dan Zinc. Jadi, selain halal, produk ini juga aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Baca juga : Mantap, Iran Tim Pertama Yang Segel Tiket Piala Dunia Qatar

“Yupi sudah melewati dua masa yang berbeda sertifikasi sifatnya sukarela dan wajib. Jadi sudah lama menjadi produk halal,” tambah Direktur Pelayanan Audit Halal Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Muslich.

Sejak berdiri di 1996 Yupi sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk semua produknya, sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) sejak tahun 2003, ISO 22000 sejak tahun 2008, dan tentunya adalah sertifikasi halal dari MUI sejak tahun 2012. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.