Dark/Light Mode

Perhutani Dan Pertamina Genjot Dekarbonisasi

Langkah BUMN Diramal Dongkrak Minat Investasi

Senin, 7 Februari 2022 07:10 WIB
Dirut Perum Perhutani Wahyu Kuncoro. (Foto: Istimewa)
Dirut Perum Perhutani Wahyu Kuncoro. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dihubungi terpisah, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengapresiasi BUMN yang berkomitmen penuh dalam penerapan aspek Environmental, Social and Governance (ESG).

Bhima berharap, Pemerintah bisa memberi dukungan kepada BUMN yang fokus menerapkan ESG. Salah satunya dengan mengalokasikan pajak karbon dan berbagai intensif perpajakan kepada BUMN, yang konsisten melakukan perubahan bisnis ke arah zero emissions.

Baca juga : Petani Bawang Merah Brebes Deklarasi Dukung Muhaimin Capres 2024

Bhima menilai, Pertamina sebagai BUMN energi, sudah selayaknya menjadi garda ter depan dalam perubahan iklim lewat dekarbonisasi. Pertamina bisa memulai dari pengembangan bisnis Energi Baru Terbarukan (EBT). Sehingga diharapkan sektor tersebut lebih berkontribusi dalam me ning katkan kinerja keuangan Pertamina.

“Pengembangan EBT bisa menjadikan porsi pen dapatan dari bisnis itu cukup dominan,” ucap Bhima.

Baca juga : Wawen BUMN: Perhutani Berperan Penting Dalam Program Dekarbonisasi

Menurut dia, inovasi bisnis yang dilakukan BUMN memang su dah seharusnya dilakukan. Karena bisnis harus inovatif dan bisa mengadopsi teknologi terbaru yang semakin hemat energi dan efisien. Sebab, setiap penghematan di rantai pasok akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan investor. Sehingga dalam jangka panjang, ESG akan mendorong inovasi ke arah digital yang masif di seluruh operasional usaha.

Baca juga : Pekan Depan, Bupati Langkat Diperiksa Komnas HAM Soal Kerangkeng Manusia

“Ini akan berdampak pada trust konsumen yang lebih tinggi. Dan investor akan menambah modal ke BUMN untuk ekspansi. karenanya, seluruh BUMN sebaiknya menerapkan standar ESG secepatnya,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.