Dark/Light Mode

Ogah Berseteru, Smart Aviation Buka Kerja Sama Dengan Operator Lain

Senin, 7 Februari 2022 17:43 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, kata Pongky, Smart Aviation menawarkan kepada operator lain agar bisa menggunakan hanggar ini untuk kegiatan maintenance bersama-sama tanpa adanya monopoli.

Semua maskapai tanpa terkecuali, dapat mengajukan Kerja Sama Operasional (KSO) penggunaan hanggar kepada kami, under AMO 145-1003 (Authorized Maintenance Organization) PT Smart Cakrawala Aviation.

Baca juga : Asproksi-Kabupaten Bener Meriah Kerja Sama Pengadaan Alkes

Pengajuan KSO yang diajukan pasti akan diterima dengan baik, namun harus sesuai dengan manajemen penjadwalan dari PT Smart Cakrawala Aviation.

Tentunya, klausul dalam KSO bagi calon pengguna harus menggunakan bahasa penerbangan yang dimengerti kedua belah pihak dan juga disetujui Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU).

Baca juga : PWI Dan KLHK Sepakati Kerja Sama Pengendalian Perubahan Iklim

"Sudah ada beberapa operator lain yang mengajukan KSO untuk menggunakan Hanggar di Malinau, namun kami juga belum bisa memastikan kapan bisa menyewakan Hanggar ini karena terkendala tanggal sampai ada serah terima dari Pemda kepada kami," ucapnya.

Executive Staff for BoD PT Smart Cakrawala Aviation Jois Christine menuturkan, jika proposal pengajuan yang dipresentasikan PT Smart Cakrawala Aviation kepada Pemda tentunya bertujuan untuk memajukan penerbangan Malinau.

Baca juga : Gempa Banten Hari Ini Dipicu Deformasi Batuan Pada Kerak Samudera Lempeng Indo-Australia

"Kami memberikan kesempatan kepada salah satu putra daerah Malinau yang saat ini sedang melaksanakan training pilot di perusahaan kami. Tak hanya pilot, kami bersama Pemda juga sepakat untuk menyeleksi beberapa kandidat calon engineer, yang nantinya akan disekolahkan di Pulau Jawa dengan harapan nantinya mereka bisa membantu bekerja di hanggar tersebut," tuturnya.

Saat ini, PT Smart Cakrawala Aviation telah mengoperasikan 12 unit pesawat Cessna Caravan C208, 2 unit pesawat Pilatus Porter PC6, dan 1 unit helikopter Airbus H130. Pengoperasian semua unit pesawat ini dilaksanakan di Kalimantan dan Papua area. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.