Dark/Light Mode

Dukung Pemanfaatan EBT

AP II Targetkan 20 Bandara Pakai PLTS Pada 2025

Sabtu, 12 Februari 2022 22:25 WIB
AP II akan memanfaatkan PLTS untuk sumber tenaga listriknya. (Foto: Ist)
AP II akan memanfaatkan PLTS untuk sumber tenaga listriknya. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Awaluddin menambahkan, penggunaan EBT yang sangat efisien dari sisi biaya akan sangat membantu bandara dalam menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19, karena listrik merupakan salah satu kontributor terbesar biaya operasional di bandara.

“Penggunaan teknologi dan keunggulan dari sisi biaya membuat pemanfaatan EBT dapat meningkatkan daya saing bandara-bandara AP II di era Industry 4.0,” tukas Awaluddin.

Baca juga : Dukung Transisi Energi, PLN Targetkan Pembangkit EBT 648 MW Beroperasi Tahun Ini

Di dalam pemanfaatan EBT ini, AP II mempersiapkan 3 aspek penting yakni SDM, Proses dan Teknologi. Aspek SDM terkait dengan kompetensi teknik kelistrikan berbasis energi baru terbarukan.

Kemudian, proses terkait prosedur baku dalam pengoperasian energi baru terbarukan yang efektif dan efisien. Sedangkan, teknologi terkait dengan penggunaan platform yang tepat guna mengoperasikan energi baru terbarukan.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pelaksanaan IIMS Hybrid 2022

Adapun terkait penggunaan teknologi kelistrikan, AP II saat ini juga telah membangun sistem yang dinamakan MANTRI (Monitoring System of Airport and Non-Airport Threshold Electrical Infrastructure) guna mengendalikan dan memonitor secara real time penggunaan energi di lingkungan AP II.

Sementara, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, transisi ke pemanfaatan EBT memerlukan dukungan seluruh pihak. “Di dalam transisi ini, kerja sama komponen masyarakat sangat penting. Adanya kerja sama dalam hal regulasi, masalah pendanaan, serta teknologi yang juga harus mendukung,” jelasnya.

Baca juga : Dukung Keuangan Berkelanjutan, CIMB Niaga Beberkan 5 Pilar Strategi

Sementara itu, Senior EVP Manajemen Risiko PLN, Chairani Rachmatullah mengatakan, PLN menargetkan bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.