Dark/Light Mode

Beberkan Capaian Kinerja

Kemenhub Bangun 10 Bandara

Jumat, 14 Desember 2018 11:03 WIB
(Dari kiri) Kelapa Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemenhub Sugihardjo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Umiyatun Hayati
Triastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, dan Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo, menggelar keterangan pers mengenai Capaian
Kinerja 4 Tahun dan Outlook 2019 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (13/12). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
(Dari kiri) Kelapa Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemenhub Sugihardjo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Umiyatun Hayati Triastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, dan Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo, menggelar keterangan pers mengenai Capaian Kinerja 4 Tahun dan Outlook 2019 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (13/12). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Kemudian pada sektor laut, pemerintah menciptakan konektivitas antar wilayah lewat sektor maritim. Selama 4 tahun, pihaknya membangun 104 pelabuhan non komersial. Selain itu, menyelenggarakan 100 kapal pendukung tol laut. Rinciannya, 60 kapal perintis, 20 kapal rede, 15 kapal kontainer, dan sisanya kapal ternak. 

Baca juga : Putusan Banding Kuatkan OSO

Untuk sektor perhubungan darat, pemaparan disampaikan Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. Budi mengungkapkan, selama 4 tahun, pihaknya telah membangun dan rehabilitasi terminal tipe A. “Kami telah melakukan rehabilitasi sebanyak 65 terminal tipe A sejak 2015-2018,” ungkap Budi. 

Baca juga : Jadi Tersangka, Bahar Kena Batunya

Budi menuturkan, sampai saat ini masih ada terminal tipe A yang belum direhabilitasi karena masih dikelola pemerintah daerah (Pemda). Tapi pihaknya sudah menyampaikan agar diserahkan ke pusat agar segera diperbaiki.  Selain terminal, lanjut Budi, pihaknya sudah membangun pelabuhan penyeberangan di 21 lokasi, pelabuhan sungai dan danau sebanyak 13 lokasi. 

Baca juga : Kinerja Ekspor Kita Bisa Bergairah Lagi

Untuk pencapaian pembangunan dalam bidang sarana, Kemenhub telah membangun 14 unit kapal, 5 unit bus air, dan pembangunan 2 unit kapal di Danau Toba. Kemudian, menyediakan 1.918 unit Bus Rapid Transit (BRT). BRT itu antara lain 15 unit bus berupa pemadu moda, 100 unit angkutan umum, dan 180 unit bus pelajar/mahasiswa. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.