Dark/Light Mode

Penjualan Ritel Tumbuh, Rupiah Pagi Ini Joss

Selasa, 15 Februari 2022 09:41 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,09 persen di level Rp 14.313 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level  Rp 14.326 per dolar AS.

Pergerakan mata uang di Asia terhadap dolar AS terpantau bervariasi. Rupiah menguat bersama mata uang seperti yuan China naik 0,07 persen, ringgit Malaysia menguat 0,06 persen, bath Thailand melonjak 0,21 persen, dolar Singapura naik 0,03 persen, dan yen Jepang menguat 0,16 persen.

Sedangkan dolar Hong Kong minus 0,01 persen, won Korea Selatan minus 0,17 persen, dan peso Filipina turun 0,07 persen.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Cerah

Indeks dolar AS terhadao mata uang saingannya mencapai level tertinggi dua minggu pada akhir perdagangan yakni menyentuh di level 96,244.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,06 persen ke level Rp 16.172, terhadap poundsterling Inggris naik 0,06 persen ke level Rp 19.356, terhadap dolar Australia meningkat 0,03 persen ke level Rp 10.200.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi menyatakan, pergerakan rupiah masih ada potensi tekanan dari konflik di Eropa Timur, meskipun pihak Rusia telah menyanggah akan melakukan serangan.

Baca juga : Pasar Optimis Penanganan Omicron, Rupiah Kuat Lagi

"Ketegangan tersebut menjadi kejutan bagi pasar yang sudah dibebani data inflasi AS pada pekan lalu yang tinggi. Meskipun kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga darurat agak mereda, beberapa investor memperkirakan dolar akan tetap menguat," jelas Ibrahim dalam riset yang dikutip, Selasa (15/2).

Dari dalam negeri dorongan positif datang dari data pertumbuhan penjualan ritel Indonesia pada Januari yang membaik, dan pengumuman pelonggaran PPKM level 3.

"Meski dibayangi masih banyak sentimen negatif, namun tetap positifnya sebagian indeks saham Asia mendorong penguatan rupiah," ujarnya. 

Baca juga : Investor Tunggu Data Inflasi AS, Rupiah Naik Tipis

Ibrahim memperkirakan, untuk perdagangan hari ini, mata uang rupiah bergerak berfluktuasi namun ditutup menguat direntang Rp 14.300-14.360 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.