Dark/Light Mode

Terapkan Nilai Kebangsaan, Jalan Desa Di Aceh Berubah Jadi Pancasila

Jumat, 18 Februari 2022 13:20 WIB
Pelajar menunjukan jalan Pancasila. (Foto: ist)
Pelajar menunjukan jalan Pancasila. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gema Pancasila menguat di Bumi Serambi Mekkah. Sejumlah nama jalan desa di Kecamatan Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat sejak beberapa hari terakhir mulai berubah menjadi Jalan Pancasila, Bhinneka dan Garuda. Hal ini usai pemerintah daerah menerapkan nilai-nilai kebangsaan di masyarakat.

"Alhamdulillah, ini sebuah rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala, bahwa masyarakat Aceh masih sangat mencintai Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, seperti dikutip dari rilis Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Jumat (18/2). 

Baca juga : Gerakan Komunitas Kreatif Pendukung Airlangga Hartarto Bakal Deklarasi Di 4 Kota Wilayah Jatim

Dijelaskan, penamaan jalan desa dengan nilai-nilai kebangsaan tersebut sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah, karena penguatan nilai Pancasila yang selama ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kepada masyarakat di setiap desa telah berhasil.

Selain itu, upaya tersebut juga lahir berkat peran penuh kalangan ulama, santri, tokoh masyarakat, guru, elemen sipil, TNI dan Polri di Aceh Barat yang selama ini berperan dalam menyukseskan program penguatan nilai Pancasila di Aceh Barat. 

Baca juga : Ucapan Kemenangan Laura Basuki Dalam Festival Film Berlinale 2022

Ramli yakin penamaan nama jalan desa di Aceh Barat dengan semangat Pancasila tersebut, akan semakin mengokohkan jiwa masyarakat Aceh untuk selalu mencintai NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Ini baru ada tiga kecamatan yang mulai menamakan jalan desa dengan semangat nasionalisme, saya yakin hal ini akan dicontoh di desa lainnya di Aceh Barat," bebernya. 

Baca juga : Teguh Patriawan Dinilai Bakal Sukses Bawa NSS Go Public

Eks Wakil Ketua DPRK Aceh Barat ini percaya, penguatan nilai Pancasila yang dimulai dari Aceh sejak November 2021 telah berhasil menguatkan semangat kebangsaan bagi masyarakat Aceh. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.