Dark/Light Mode

Konsumen Susut 50 Persen, Mall Lebih Sepi

Omicron Patil Dunia Usaha

Senin, 21 Februari 2022 08:25 WIB
Salah satu sudut di Mal Grand Indonesia nampak sepi pengunjung, Rabu (11/8/2021). (Foto : Istimewa).
Salah satu sudut di Mal Grand Indonesia nampak sepi pengunjung, Rabu (11/8/2021). (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Kunjungan Ke Mall Melandai

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja menerangkan, dalam beberapa minggu terakhir tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mulai melandai.

“Selain adanya PPKM Level 3, ini juga dipengaruhi low season pasca Natal, Tahun Baru dan Imlek. Selain itu, masyarakat juga makin hati-hati terhadap penyebaran Covid-19 varian Omicron yang sangat masif,” kata Alphonsus dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (19/2).

Baca juga : Menkes: 60 Persen Pasien Meninggal Omicron Belum Divaksin

Ia mengatakan, rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan khususnya di wilayah DKI Jakarta tidak lebih dari 40 persen. Ini jika dibandingkan dengan kondisi sebelum PPKM Level 3.

Namun demikian, pihaknya menyakini bahwa dampak Covid-19 varian Omicron tidak akan seberat seperti saat Covid-19 varian Delta. Karena penanganan dari Pemerintah sudah tepat dan cepat.

“Apalagi, saat ini tingkat vaksinasi sudah jauh lebih tinggi dibandingkan pada saat Covid-19 varian Delta lalu. Masyarakat juga lebih patuh prokes sehingga bisa lebih terkendali penyebaran Covid-19 nya,” tegasnya.

Baca juga : Kerusuhan Kazakhstan Tewaskan 164 Orang, Lebih Dari 5.000 Orang Ditahan

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberlakukan PPKM Level 3 di empat daerah.

Daerah tersebut yakni aglomerasi Jabodetabek, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, dan Bandung Raya.

“Kami meminta masyarakat tidak lupa mengikuti vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama, kedua maupun booster. Ini jadi upaya pencegahan, dan kalaupun tertular, tidak akan separah yang belum vaksin,” ujar Luhut. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.