Dark/Light Mode

Kucurkan Investasi Rp 143 Miliar

ACN Aero Bangun Bengkel Di Kertajati

Sabtu, 5 Maret 2022 08:30 WIB
Penandatanganan kesepakatan antara ACN Aero teknik dengan pengelola Bandara Kertajati, Kamis (3/3/2022).
Penandatanganan kesepakatan antara ACN Aero teknik dengan pengelola Bandara Kertajati, Kamis (3/3/2022).

 Sebelumnya 
Dengan hadirnya perawa­tan bengkel pesawat di Kerta­jati, akan berdampak terhadap efisiensi biaya yang ditanggung maskapai.

Apalagi, kesepakatan penting tersebut dipercaya membawa angin segar bagi pengelola Ban­dara Kertajati.

Keberadaan investor berpengaruh signifikan terhadap per­luasan kemampuan operasi dan layanan di kawasan terse­but. Mengingat saat ini bandara berkode KJT tersebut tengah ber­juang memulihkan kinerja yang terimbas pandemi Covid-19.

Baca juga : YAICI Luncurkan Buku Masa Depan Anak Terganggu Kental Manis

Direktur Utama Bandara In­ternasional Jawa Barat Muham­mad Singgih mengungkapkan, dalam membangun bengkel tersebut, pihaknya menyediakan 4 hektar lahan dari 84 hektar sebagai MRO.

“Ini kan step by step. Dimu­lai luasan lahannya 4 hektar dan itu cukup untuk melayani pesawat-pesawat di grupnya ACN sendiri,” ujarnya.

Singgih menegaskan, pem­bangunan bengkel tersebut akan memberi keuntungan besar. Terutama fasilitas bandara bakal lebih lengkap. Apalagi beberapa bulan ke depan akan dibuka penerbangan komersial, terutama untuk pem­berangkatan haji dan umroh.

Baca juga : Kucurkan Investasi Senilai Rp 4,2 Miliar, PLN Nyalakan Listrik 2 Desa Di Ketapang

Seperti diketahui, masuknya Asia Cargo Network sebagai in­vestor pertama dipandang sebagai awal dari rencana pembangunan kembali bandara yang akan mem­posisikan dirinya menjadi pusat logistik dan fasilitas pusat pera­watan pesawat di Indonesia.

Pemerintah memang mendorong pengembangan angkutan kargo dan pemeliharan pesawat atau MRO agar lebih optimal di Bandara Kertajati.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Kertajati disiapkan menjadi pusat kegiatan logis­tik dan pemeliharaan pesawat. Selain nantinya menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh.

Baca juga : KAI Salurkan Bantuan Senilai Rp 100 Juta Buat Korban Gempa Di Pasaman Barat

Untuk mendukung rencana tersebut, perlu disosialisasikan jenis barang-barang yang bisa dikirim lewat Bandara Kertajati. Dan juga keunggulan biaya yang lebih efisien. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.