Dark/Light Mode

Ragam Jenis Bakpia Khas Yogya Hadir Di Jakarta Fair

Jumat, 21 Juni 2019 07:52 WIB
Bakpia Yogya. Ist
Bakpia Yogya. Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggemar makanan tradisional bakpia, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta. Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 tersedia berbagai jenis bakpia asli Yogya hadir untuk memanjakan lidah warga Jakarta dan sekitarnya.

Berbagai brand bakpia ternama khas Yogya menjadi salah satu dari 2.700 perusahaan peserta dalam 1.500 stan yang ada di Jakarta Fair.

Seperti Bakpia Pathok 25, Tugu Jogja dan Bakpia Pathuk 72. Misalkan saja, pengunjung Jakarta Fair akan sangat mudah menemukan stand Bakpia Pathok 25, yang berada di area open space depan Hall D JIEXpo Kemayoran. Bakpia Pathok 25 sudah menjadi langgaran Jakarta Fair dari tahun ke tahun.

Saat penyelenggaraan Jakarta Fair diadakan di Monas pun mereka sudah mengikuti event tahunan terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Baca juga : KPU Tak Banyak Hadirkan Saksi

“Berapa kali sudah ada, dari Jakarta Fair ada di Monas karena bakpia Pathok 25 ini lahir di tahun 1948. Pak Ivan Sandjaja adalah perintis pertama Bakpia Pathok di Monas. Jadi meneruskan saja, beliau memberikan amanat untuk selalu mengembangkan penjualan Bakpia Pathok di Jakarta,” jelas Penanggung Jawab stan Bakpia Pathok 25, Ateng.

Sedangkan untuk harganya, Bakpia Phatok 25 memiliki dua pilihan yakni bakpia biasa dan premium. setiap harganya bekisar Rp 35 ribu dan Rp 50 ribu untuk jenis premium. Sementara, bakpia Tugu Jogja selaku pendatang baru di Jakarta Fair, memiliki perbedaan dari bakpia-bakpia pada umumnya.

Bakpia kukus Tugu Jogja ini agak berbeda karena bentuknya yang lebih besar dan teksturnya lebih empuk. Terdapat 6 varian rasa bakpia kukus Tugu Jogja yang bisa pengunjung nikmati, misalkan ada rasa orginal, cokelat, keju, kacang hijau, kacang merah, dan strawberry.

“Di sini bakpianya di kukus dan ada 6 varian rasa, sehingga pertama kalinya bakpia kukus ada di Yogya,” ujar Zulfa selaku Penanggung Jawab stan Tugu JogJa.

Baca juga : KPK Ngebut Rampungkan Berkas, Besok Sofyan Digarap Lagi

Selain menghadirkan model bakpia terbaru, Tugu Jogja juga menawarkan aneka promo bagi pengunjung. Pengunjung yang ingin membeli satu box cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 35 ribu, tapi untuk pembelian tiga box sekaligus hanya dikenakan biaya Rp 100 ribu saja.

Selanjutnya Zulfa mengaku, faktanya berjualan di Jakarta Fair sangat menjanjikan keuntungan. Setiap harinya, bakpia kukus Tugu Jogja selalu habis diburu pengunjung.

“Baru pertama kali Tugu Jogja di Jakarta Fair. Trafiknya emang ramai, dan kita pun disini stoknya selalu habis setiap hari. Bagus banget sih penjualannya disini,” jelas Zulfa.

Selain ada Bakpia Phatok 25 dan Bakpia Kukus Tugu Jogja, di anjungan Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta juga tersedia stan Bakpia Pathuk 72. Di Bakpia Pathuk 72 menyediakan aneka rasa yang sama dengan bakpia khas Yogya lainnya, misalkan tersedia rasa kacang hijau, keju sampai cokelat yang dihargai Rp 35 ribu.

Baca juga : PLN Tanggapi Soal Pembangkit Batubara Bikin Polusi Di Jakarta

Perlu diketahui, setiap harinya, Jakarta Fair bakal dibuka mulai pukul 15.30 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, untuk jadwal akhir pekan dan hari libur nasional, Jakarta Fair dibuka pada pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.