Dark/Light Mode

Proyek Infrastruktur Banyak Yang Rampung

BTN Optimis Harga Properti Bakal Naik

Jumat, 21 Juni 2019 14:15 WIB
Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kedua dari kanan) saat memaparkan hasil riset BTN HPI pada acara Indonesia Housing Forum di Jakarta. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kedua dari kanan) saat memaparkan hasil riset BTN HPI pada acara Indonesia Housing Forum di Jakarta. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Tabungan Negara (BTN) optimis, harga properti bakal segera naik. Pemicunya, rampungnya proyek-proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah.

Direktur Utama BTN Maryono mengakui, selama 3 tahun ini, indeks harga rumah atau BTN House Price Index (HPI) sempat tertekan. Padahal pada triwulan I-2015, angkanya tumbuh 14,30 persen.

Namun pada periode yang sama tahun berikutnya anjlok jadi 11,49 persen. Lalu turun lagi jadi hingga triwulan I-2018 yang angkanya hanya 6,44 persen.

Baca juga : Duh, Harga Cabe Merah Mulai Merangkak Naik

“Tahun ini kami optimistis harga properti akan semakin meningkat. Hal itu seiring dengan diselesaikannya proyek-proyek infrastruktur yang telah digagas pemerintah,” katanya dalam acara Indonesia Housing Forum, di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, berdasarkan riset yang dilakukan BTN Housing Finance Center (HFC), BTN HPI di triwulan I-2019 tembus 163,90. Angka ini naik sekitar 7,34 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2018.

Maryono juga menyebut, kenaikan BTN HPI triwulan I-2019 juga lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Sebab pada triwulan I-2018, BTN HPI hanya tumbuh 6,44 persen dibanding tahun 2017.

Baca juga : Industri Semen Diramal Makin Moncer

Data BTN HPI di daerah, kata dia, mengalami kenaikan. Khususnya pada wilayah yang perkembangan infrastrukturnya pesat. Bahkan pada daerah yang proyek infrastrukturnya baru sebatas rancangan.

“Misalnya di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” tuturnya. Berdasarkan data HFC, Maryono memaparkan setidaknya ada 6 kabupaten/kota yang tercatat memiliki BTN HPI di atas rata-rata BTN HPI Nasional.

Misalnya Batang, Jawa Tengah (253,29); Jember, Jawa Timur (252,20); Batam, Kepulauan Riau (232,28); Bantul, Yogyakarta (221,62); dan Banyumas, Jawa Tengah (232,28).

Baca juga : Berkat Infrastruktur Oke, Korban Kecelakaan Mudik 2019 Turun Hingga 59 Persen

“Setelah diresmikannya tol Pemalang-Batang tahun 2018, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menduduki peringkat BTN HPI tertinggi, yaitu 253,29,” ungkap Maryono.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.