Dark/Light Mode

Proyek Infrastruktur Banyak Yang Rampung

BTN Optimis Harga Properti Bakal Naik

Jumat, 21 Juni 2019 14:15 WIB
Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kedua dari kanan) saat memaparkan hasil riset BTN HPI pada acara Indonesia Housing Forum di Jakarta. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kedua dari kanan) saat memaparkan hasil riset BTN HPI pada acara Indonesia Housing Forum di Jakarta. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Angka tersebut, lanjut dia, naik 20,44 persen dibandingkan kuartal I-2018. Bahkan lebih tinggi dibandingkan BTN HPI nasional yang hanya 163,9.

“Namun, yang mengalami kenaikan BTN HPI tertinggi adalah Kabupaten Jember, Jatim yang melonjak 28,28 persen yoy. Jember menduduki peringkat kedua dengan BTN HPI sebesar 252,2,” terang Maryono.

Berdasarkan riset HFC, kenaikan BTN HPI di Kabupaten Jember didukung rencana pembangunan Tol Trans Jawa ruas Mojokerto-Banyuwangi yang akan melintasi daerah tersebut.

Baca juga : Duh, Harga Cabe Merah Mulai Merangkak Naik

Ruas itu direncanakan dibangun untuk mendukung rencana pemerintah pusat membangun sejumlah dermaga dan bandara embarkasi haji di Kota Tembakau.

Sementara Jakarta Timur di peringkat keenam meraih BTN HPI sebesar 215,50. Maryono menyebut daerah tersebut mayoritas dilalui proyek infrastruktur yang baru diselesaikan seperti jalan tol, lintasan kereta, dan masih banyak moda transportasi lain.

Dia berharap kerja keras dari pemangku kepentingan bidang properti dapat mengurangi backlog properti. Saat ini angkanya masih 11,4 juta rumah. Pihaknya bakal fokus mendukung pemerintah dalam program sejuta rumah.

Baca juga : Industri Semen Diramal Makin Moncer

Adapun per Mei 2019, BTN telah memberikan dukungan pembiayaan perumahan untuk MBR dan Non-MBR 386.137 unit rumah, baik pembiayaan KPR maupun Konstruksi.

Khusus untuk pembiayaan perumahan MBR, baik KPR Subsidi maupun Kredit Konstruksi, Bank BTN telah menyalurkan sebanyak 272.600 unit rumah dengan jumlah kredit Rp 17,24 triliun.

Terdiri dari KPR Subsidi 93.221 unit jumlah kredit Rp 11,89 triliun dan Kredit Konstruksi rumah MBR 179.379 unit jumlah kredit Rp 4,35 triliun. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.