Dark/Light Mode

Bersama Kemnaker, BPJS, Asosiasi & Serikat Pekerja

KADIN Perkuat Sinergi Program Ketenagakerjaan

Rabu, 16 Maret 2022 13:40 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kiri) bersama Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ketenagakerjaan bertemakan Penguatan Program Kerja Bidang Ketenagakerjaan secara hybrid, Rabu (16/3). (Foto: Humas Kadin)
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kiri) bersama Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ketenagakerjaan bertemakan Penguatan Program Kerja Bidang Ketenagakerjaan secara hybrid, Rabu (16/3). (Foto: Humas Kadin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Bidang Ketenagakerjaan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ketenagakerjaan bertemakan Penguatan Program Kerja Bidang Ketenagakerjaan secara hybrid, Rabu (16/3). Menindaklanjuti hasil putusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Bali, 3-4 Desember 2021.

Acara ini dihadiri seluruh WKU KADIN Indonesia dan perwakilan asosiasi di bawah KADIN Indonesia secara online, dan dihadiri langsung oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. Beserta pejabat teras Kemnaker dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan, juga perwakilan APINDO.

Rakernas Ketenagakerjaan ini pertama kalinya dilaksanakan di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia. Serta dimaksudkan untuk menguatkan konsolidasi dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan di bidang ketenagakerjaan. Baik itu pengusaha, pekerja, dan pemerintah.

Ada dua pokok isu utama yang menjadi fokus pada Rakernas Ketenagakerjaan kali ini. Pertama, bagaimana KADIN Indonesia mampu mencetak tenaga kerja yang berkompeten, profesional, kredibel dan berkarakter untuk menjalankan profesi pekerjaannya.

Baca juga : Masa Reses, Ibas Resmikan Program Kotaku Di Pacitan

Kedua, mampu menjawab tantangan dan menanamkan nilai-nilai baru yang inklusif dan kolaboratif.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang meresmikan Rakernas Ketenagakerjaan 2022 ini sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan KADIN Indonesia, dalam membangun wadah komunikasi antara pemangku kebijakan di antaranya pengusaha, pekerja dan pekerja.

Situasi kita dan dunia masih cukup berat, karena situasi masih pandemi. Tapi tren pemulihan ekonomi nasional tetap membaik, terutama dalam sektor ketenagakerjaan.

"Data BPS menunjukkan, ekonomi kita di tahun 2021 bisa tumbuh di atas 3 persen. Angka pengangguran pun turun, dengan target mencapai 6 persen," ujar Menaker Ida.

Baca juga : Komisi I Sarankan Pemerintah Perkuat Investasi Pertahanan

Menaker Ida berharap, baik pengusaha maupun pekerja dapat bekerja sama dalam membangun ekosistem ketenagakerjaan yang baik. Serta membangun perbaikan supply dan demand pasar kerja melalui pemagangan di industri, peningkatan pelatihan kerja, serta membangun titik temu soal upah yang adil. Baik bagi pekerja maupun pengusaha.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, pekerja dan pengusaha merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dan saling membutuhkan.

Dalam kerangka itu, KADIN sebagai wadah pengusaha Indonesia tentunya ingin berkontribusi melalui program yang memberikan solusi, dan menjawab tantangan persoalan ketenagakerjaan. Terutama, soal produktivitas.

Rakernas Ketenagakerjaan 2022 ini merupakan langkah konkret KADIN Indonesia dalam menjembatani komunikasi tripartit: pengusaha, pekerja dan pemerintah melalui rumusan program kerja.

Baca juga : BP Jamsostek Siap Layani Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

"Ini juga bentuk lanjutan dari pertemuan awal tahun sebelumnya antara KADIN dengan serikat-serikat pekerja dalam rangka mencetak pekerja yang kompeten, profesional, kredibel, berkarakter kuat sekaligus yang paling utama, harus sejahtera,” ujar Arsjad, saat membuka Rakernas pagi ini di Menara KADIN, Jakarta, Rabu (16/3).

KADIN Indonesia dapat memainkan peran yang strategis untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya, melalui Program Rumah Ketenagakerjaan Nasional sebagai payung dari semua program kerja yang dirumuskan KADIN Indonesia. Bersama pemerintah dan organisasi serikat pekerja mitra.

Rumah Ketenagakerjaan Nasional merupakan innovation hub untuk merumuskan peta jalan ketenagakerjaan nasional, demi kesejahteraan dan keunggulan SDM nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.