Dark/Light Mode

The Fed Naikkan Suku Bunga, Rupiah Melesat

Kamis, 17 Maret 2022 10:04 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: RM)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,17 persen ke level Rp 14.287 per dolar AS dibanding perdagangan sebelumnya di level Rp 14.311 per dolar AS.

Mayoritas mata uang di Asia pagi ini bergerak menguat terhadap dolar AS. Yen Jepang menguat 0,06 persen, dolar Singapura naik 0,07 persen, won Korea Selatan melonjak 0,94 persen, peso Filipina menguat 0,31 persen, rupee India naik 0,45 persen, yuan China naik 0,28 persen, ringgit Malaysia menguat 0,34 persen, dan baht Thailand melesat 0,61 persen.

Baca juga : Neraca Perdagangan Surplus, Rupiah Joss Pagi Ini

Indeks dolar AS terhadap mata uang saingannya turun 0,3 persen ke level 98,38. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,09 persen ke level Rp 15.777, terhadap poundsterling Inggris turun 0,04 persen ke level Rp 18.785, dan terhadap dolar Australia minus 0,23 persen ke level Rp 10.440.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah menguat karena mengikuti sentimen positif pasar terhadap aset berisiko yang terlihat pagi ini. Sentimen positif didukung oleh hasil rapat bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) yang sesuai dengan ekspektasi. 

Baca juga : KPK Terus Dalami Penerimaan Suap Eks Bupati Buru Selatan

“Apa yang diumumkan the Fed sudah diantisipasi pasar sebelumnya," ucap Ariston, Kamis (17/3).

Sebagai informasi, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dan kemungkinan akan terus menaikkan suku bunga sepanjang tahun ini. "Meskipun The Fed mengumumkan pengetatan moneter, dolar AS tidak serta merta menguat karena hasil ini sesuai dengan ekspektasi dan sudah diantisipasi pasar sebelumnya," pungkasnya. 

Baca juga : Isu Kenaikan The Fed, Bikin Rupiah Tertekan

Ariston memproyeksi, sepanjang hari ini bergerak di rentang pergerakan antara Rp 14.280 hingga Rp 14.350 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.