Dark/Light Mode

Targetkan 30 Juta UMKM Onboarding Digital, Teten Minta KUMKM Manfaatkan PLUT

Kamis, 17 Maret 2022 20:40 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

 Sebelumnya 
Total pembelanjaan barang/jasa pemerintah untuk UMKM sekitar Rp 400 triliun tahun ini. Jadi harus diketahui apa kebutuhan pemerintah. "Jadi bikin produk yang dibutuhkan pemerintah. Bisa dilihat rencana belanja pemerintah di LKPP," sambung Teten.

Ia turut mengapresiasi Telkom Indonesia dan Grab Indonesia yang juga telah membantu UMKM onboarding digital. Dengan keterlibatan berbagai pihak, UMKM akan semakin kuat dan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Baca juga : Menaker Dan Dirut BP Jamsostek Gelar Dialog Bersama Penerima Manfaat JKP

Executive Vice President Digital & Next Business Telkom Saiful Hidayat menambahkan, pelatihan ini sesuai dengan misi dari pihaknya. Di mana melalui digitalisasi dapat meningkatkan kesejahteraan, kemampuan, integrasi proses perizinan melalui OSS BKPM dan peningkatan pasar pelaku UMKM.

"Sesuai amanah BUMN, UMKM yang bergabung dalam captive market BUMN sudah mencapai Rp 2 triliun. UMKM yang bergabung di kami juga sedang diintegrasikan ke global sehingga produk UMKM ini punya potensi akses ke pasar global," ujar Saiful.

Baca juga : Presiden Sebut Potensi Ekonomi Digital Indonesia Sangat Besar

Sementara itu, President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengapresiasi KemenKopUKM yang sudah memperjuangkan kemajuan UMKM Indonesia.

Menurutnya, program pelatihan ini merupakan hal yang monumental karena memberi kesempatan kepada pelaku UMKM untuk berkembang, naik kelas, dan memiliki daya saing. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.