Dark/Light Mode

Menko Luhut: Maskapai Tidak Akan Bangkrut

Minggu, 23 Juni 2019 10:33 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan penurunan harga tiket pesawat untuk LCC tidak akan membuat maskapai bangkrut. Menurutnya, efisiensi biaya operasional maskapai yang tengah diupayakan pemerintah efektif menekan harga tiket pesawat.“Inefisiensi di Indonesia (untuk industri pesawat) kan super tinggi, misalnya untuk pembelian pesawat, harga avtur,” katanya. 

Baca juga : AP II Siap Bantu Maskapai, Pindahkan Penerbangan Pesawat Jet Ke Kertajati

Apalagi, kata Luhut, kebijakan yang dikeluarkan ini bersamaan dengan insentif yang diberikan. Misalnya, berupa pemberian insentif fiskal ke maskapai penerbangan domestik. 

Baca juga : Luar Biasa, Garuda Gulingkan Vanuatu 6-0

“Harga avtur, itu produsennya hanya satu, Pertamina. Presiden sudah minta kasih 2 atau 3. Mengenai pajak-pajak yang tidak perlu, Kementerian Keuangan sudah setuju untuk dihilangkan,” jelasnya. 

Baca juga : Kemenhub Minta Maskapai Sosialisasikan Penerbangan Codeshare

Luhut meyakini harga tiket pesawat di Indonesia sudah termasuk yang paling murah. “Tapi secara global harga tiket kita masih enam besar di bawah (paling murah). Hanya, menaikkan itu terlalu cepat,” ucapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.