Dark/Light Mode

Pertamina Diminta Naikkan Harga Jual Pertamax Dekati Level Keekonomian

Selasa, 22 Maret 2022 17:46 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 Sebelumnya 
Dengan harga saat ini, Pertamax adalah BBM RON 92 paling murah di kelasnya yang dikonsumsi oleh pengguna kendaraan kelompok menengah atas.

“Dengan harga saat ini, Pertamina telah mensubsidi Pertamax. Dan ini jelas artinya, Pertamina subsidi mobil mewah yang memakai Pertamax,” ujar Arya.

Menurut dia, hal ini perlu kalkulasi ulang agar ada keadilan jangan sampai Pertamina memberi subsidi besar kepada mobil mewah yang memakai Pertamax.

Baca juga : Kurangi Beban Pertamina, Harga BBM Pertamax Diusulkan Naik

Pertamina disarankan untuk mengkaji ulang berapa harga yang pantas bagi Pertamax yang dikonsumsi oleh mobil mewah.

“Ini untuk keadilan semua,” katanya. 

Adapun harga jual BBM jenis RON 92 di SPBU saat ini bervariasi tergantung para badan usaha.

Baca juga : Menpora Tekankan Sinergitas Jalankan UU Kepemudaan

Pertamina menjual BBM RON 92, Pertamax, seharga Rp 9.000-9.400 per liter. Sementara Shell, RON-92 (Shell Super) dijual seharga Rp 12.990 per liter, dan di SPBU BP-AKR, BP 92, dijual seharga Rp 12.500 per liter.

Harga BBM jenis umum memang ditetapkan badan usaha, asal tidak boleh melebihi batas atas yang ditetapkan, yakni Rp. 14.526 per liter untuk Maret 2022.

Adapun BBM bersubsidi seperti solar, minyak tanah, dan BBM tidak mengalami kenaikan harga.

Baca juga : Perta Arun Gas Gercep Selesaikan Kendala Operasional Power Loss Kilang Arun

Sebagai perbandingan, kisaran harga BBM non-subsidi di beberapa negara ASEAN, antara lain Singapura Rp 30.800 per liter, Thailand Rp 20.300, Laos Rp 23.300, Filipina Rp. 18.900, Vietnam Rp 19.000, Kamboja 16.600, dan Myanmar Rp 16.600. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.