Dark/Light Mode

Presidensi G20 Jadi Ajang Promo Ekonomi Lokal Dan UMKM

Kamis, 24 Maret 2022 20:59 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) dan  Komisaris Telkomsel sekaligus Ketua Dewan Pengarah Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Wishnutama Kusubandio saat berkunjung ke Art Center Bali, Denpasar,, Kamis (24/3). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) dan Komisaris Telkomsel sekaligus Ketua Dewan Pengarah Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Wishnutama Kusubandio saat berkunjung ke Art Center Bali, Denpasar,, Kamis (24/3). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum untuk mengangkat ekonomi lokal dan pelaku UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, G20 jadi momen menarik bagi para pelaku UMKM.

Baca juga : Jika Diundang, Putin Mau Datang Ke Bali

Hal ini disampaikan Teten dalam kunjungannya ke Art Center Bali, Denpasar, Bali. Kunjungan tersebut didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster dan Komisaris Telkomsel sekaligus Ketua Dewan Pengarah Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Wishnutama Kusubandio.

"Kunjungan ini ada kaitan dengan KTT G20 karena kita sudah melihat produk-produk UMKM dari Bali yang bisa untuk dipakai seragam panitia, souvenir dan lain sebagainya," ujar Teten dalam keterangannya, Kamis (24/3).

Baca juga : Semarakkan Presidensi G20, KAI Pasang Livery Khusus Di Kereta Api

Teten berharap  dari G20 ini, bisa mengangkat ekonomi lokal dan ekonomi UMKM. Tak hanya itu, produk UMKM juga bisa melakukan promosi atau memperjualbelikan melalui media digital. Misalnya dengan membuat QR Code untuk mempermudah para tamu-tamu hotel yang ikut dalam kegiatan G20 tersebut.

"Apabila membeli oleh-oleh dan makanan bisa melalui QR Code itu dan di Bali sudah ada tinggal melanjutkannya. Intinya G20 kita gunakan sebagai promosi UMKM," katanya.

Baca juga : Dukung Presidensi G20, Bank Mandiri Garap Potensi Metaverse

Wishnutama mengatakan, G20 ini bisa dimanfaatkan untuk ekonomi lokal. Di mana Bali selama Pandemi Covid-19 mengalami kesusahan ekonominya.

"Tidak hanya pariwisatanya yang kita bangkitkan. Tapi produk-produk lokalnya juga kita bangkitkan ekonominya. Kita harapkan ini akan lebih baik dari sebelumnya," ujar Wishutama.. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.