Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Forum B20 Pasang PLTS Di 10 Desa Binaan Pertamina

Kamis, 24 Maret 2022 22:19 WIB
Pemasang pembangkit listrik tenaga surya di Balai Ekonomi Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 24 Maret 2022).  (Foto Humas Pertamina)
Pemasang pembangkit listrik tenaga surya di Balai Ekonomi Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 24 Maret 2022). (Foto Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepuluh desa binaan Pertamina akan menerima pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai realisasi dari program Go Gerilya. Program Pemasangan sumber tenaga baru terbarukan ini merupakan kerja sama Forum Task Force Energy, Sustainability and Climate (ESC) B20 bersama Pertamina, Kementerian ESDM dan Society of Renewable Energy (SRE).

Satu dari 10 desa binaan Pertamina yang kini sudah memiliki PLTS dan menjadi desa percontohan adalah Desa Waringin dan Karangrejo di Magelang, Jawa Tengah. Desa lainnya juga akan memiliki satu PLTS yang ditempatkan di Balai Ekonomi Desa masing-masing.

Baca juga : Pimpin Sidang IPU Di Bali, Puan Pompa Semangat Peran Perempuan

"Kerja sama ini merupakan upaya mewujudkan percepatan penyebaran energi baru terbarukan yang terdesentralisasi. Sekaligus meningkatkan ketahanan energi dan kemakmuran ekonomi masyarakat perdesaan," terang salah satu Advisor Task Force ESC B20, Dannif Danusaputro yang juga Direktur Utama Pertamina Power & NRE, dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis (24/3).

Dannif menekankan, sebagai bagian dari B20, Pertamina mendukung penuh dan berkomitmen untuk aktif dalam kegiatan working group yang dipimpin Kementerian ESDM. Seperti Climate Sustainability Working Group (CSWG) yang dipimpin Kementerian LHK dan Energy Transitions Working Group (ETWG). 

Baca juga : Menpora Pastikan Dukung PSAI Menuju Pentas Piala Dunia

Dannif mengajak semua pihak untuk membuat Presidensi G20 dan B20 sebagai momen perubahan. Menurutnya, Pertamina juga memiliki komitmen kuat mewujudkan komunitas dan desa yang masih memiliki akses terbatas terhadap energi untuk bisa mempelajari potensi energi lokal. Khususnya dalam aspek energi baru dan terbarukan.

Pemasangan PLTS di pedesaan, imbuh Dannif, merupakan langkah nyata Task Force atau Gugus Tugas ESC dalam mengimplementasikan percepatan transisi energi dan mendukung target pemerintah untuk program netralitas karbon.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.