Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Generasi Milenial

Menteri ESDM Ingin Anak Muda Ikut Wujudkan Energi Bersih

Jumat, 25 Maret 2022 15:09 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat menghadiri Energy Transitions Youth Forum, di Hotel Seraton Yogyakarta, Jumat (25/3). (Dok. Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat menghadiri Energy Transitions Youth Forum, di Hotel Seraton Yogyakarta, Jumat (25/3). (Dok. Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sumbangsih generasi muda dalam mendukung akselerasi transisi energi mendapat dukungan penuh dari Pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat menghadiri Energy Transitions Youth Forum, Jumat (25/3), sebagai bagian dari rangkaian agenda 1st Energy Transitions Working Group (ETWG) Yogyakarta.

Dalam arahannya Menteri berpesan kepada generasi muda untuk terus berkontribusi besar untuk masyarakat, bangsa dan Negara terutama dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

“Terima kasih untuk adik-adik yang telah melaksanakan kegiatan untuk mendukung Presidensi G20 tahun 2022. Kita ini bagian dari transisi energinya, memang dunia concern terhadap perubahan iklim, dan kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan untuk bisa mengurangi dampak perubahan iklim tersebut,”ujar Arifin.

Baca juga : Menteri ESDM Kenalkan Budaya RI Ke Delegasi ETWG

Menurut Arifin, di usia yang masih muda ini merupakan kesempatan untuk berpartisipasi secara optimal yang hasilnya akan dapat dirasakan di masa mendatang.

“Kalian usia 20-30 tahun, masih muda. Ini adalah merupakan kesempatan bagi kalian untuk bisa berpartisipasi. Tidak mungkin kita memanen kalau kita tidak menanam dan kita kemudian tidak memupuk. Untuk itulah memang saat-saat ini adalah saat generasi kalian yang harus bisa mendukung program-program energi bersih terutama di negara kita,” tutur Arifin.

Arifin melanjutkan, Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam dari energi berbasis fosil hingga yang terbarukan.

“Namun, yang belum optimal adalah teknologi untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Baca juga : Gandeng Akademisi, Menteri Siti Ingin Hutan Hujan Tropis Jadi Role Model IKN

“Generasi muda harus bisa membuat kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif sehingga kedepannya bisa memberikan kontribusi-kontribusi yang lebih besar,” imbuhnya.

Salah satu kontribusi generasi muda yang bisa dicontoh adalah “Patriot Energi”, sebuah program Kementerian ESDM yang memberikan pengetahuan energi dasar dan perkembangan masyarakat di daerah pelosok, juga Program Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya) bagi para mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah.

“Tadi ada perwakilan dari Patriot (Energi), ada perwakilan dari Gerilya, kita kerja sama dengan Ibu Tri Mumpuni mengirim patriot-patriot energi, anak muda ke pelosok-pelosok daerah untuk bisa mengidentifikasi sumber energi bersih yang ada, dan ini untuk dijadikan dasar untuk membangun infrastruktur kelistrikan guna memberikan akses energi yang luas kepada masyarakat. Program ini akan terus kita upayakan untuk kita tumbuh kembangkan,” jelas Arifin.

Menurut Arifin yang penting adalah kemauan untuk berkontribusi dan salah satu contohnya adalah generasi muda yang bersedia bergabung ke dalam program Patriot Energi, Gerilya, juga program-program dukungan terhadap transisi energi lainnya.

Baca juga : Kunjungi Pengeboran Minyak, Menkeu Bangga Anak Bangsa Pimpin WK Rokan

“Jadi saya sampaikan penghargaan atas partisipasinya, tapi jangan partisipasinya untuk hura-hura, kita menghimpun semangat untuk melakukan hal-hal yang lebih besar, hal-hal yang nyata dan riil yang memang bisa memberikan kontribusi yang maksimal buat masyarakat. Kalau masyarakat sudah terbantu maka otomatis Negara terbantu,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.