Dark/Light Mode

Supaya Ibadah Tenang Dan Lancar

Pemerintah Jamin Pasokan Pangan Di Bulan Ramadan

Minggu, 27 Maret 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Sedangkan untuk peningkatan kualitas pangan yang dikonsumsi masyarakat, lanjut Airlangga, Pemerintah mendorong upaya diversifikasi konsumsi pangan. Caranya, melalui pemanfaatan keanekaragaman pangan lokal yang dimiliki oleh setiap daerah.

“Kolaborasi dan dukungan berbagai pihak sangat kami dibutuhkan untuk memastikan pangan tersedia dan terjangkau oleh masyarakat,” pungkasnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi juga menjamin pasokan pangan pokok cukup menghadapi puasa dan Lebaran.

Baca juga : Muktamar IDI Berkah Bagi Warga Aceh, Alokasi APBA Jangan Dipermasalahkan

“Dengan pasokan yang tersedia, harga pangan pokok akan semakin terjangkau oleh masyarakat,” kata Mendag di Jakarta, Selasa (22/3).

Awasi Harga Internasional

Kendati demikian, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan tetap mewaspadai kenaikan harga bahan pokok yang dipengaruhi harga internasional. Seperti jagung, kedelai, gandum, sapi bakalan dan gula.

Baca juga : BIN Ajak Humas Kementerian Dan Lembaga Pemerintahan Sosialisasikan Pemindahan IKN

“Kenaikan harga berpotensi terjadi karena ada pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan euforia untuk hari besar keagamaan,” kata Oke dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3).

Namun, Oke memastikan pihaknya akan terus mengawasi perkembangan harga komoditas internasional.

“Kemendag juga akan terus mengikuti kondisi konflik Rusia- Ukraina yang turut mempengaruhi harga beberapa komoditas internasional,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.