Dark/Light Mode

Supaya Ibadah Tenang Dan Lancar

Pemerintah Jamin Pasokan Pangan Di Bulan Ramadan

Minggu, 27 Maret 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri menyebut, kenaikan harga sudah terjadi dan hampir merata di berbagai komoditas pangan.

“Yang sudah naik itu cabe rawit merah, naik hampir 100 persen dari harga normal yang biasanya Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 68 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram (kg),” kata Mansuri di Jakarta, Kamis (24/3).

Baca juga : Muktamar IDI Berkah Bagi Warga Aceh, Alokasi APBA Jangan Dipermasalahkan

Kemudian, daging ayam naik dari Rp 33 ribu per kg menjadi Rp 39 ribu per kg. Lalu, daging sapi juga dari Rp 130 ribuan per kg menjadi Rp 140 ribuan per kg.

Telur ayam negeri juga mulai mengalami kenaikan harga, dari biasanya Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu per kg, sekarang menjadi Rp 25 ribu-Rp 26 ribu per kg. Sedangkan, tren gula pasir naik saat ini sudah di angka Rp 14 ribu per kg.

Baca juga : BIN Ajak Humas Kementerian Dan Lembaga Pemerintahan Sosialisasikan Pemindahan IKN

Mansuri melanjutkan, harga bawang-bawangan juga sudah merangkak naik. Harga bawang putih naik dari Rp 29 ribu sampai Rp 30 ribu per kg jadi Rp 34.200 per kg.

Sedangkan, bawang merah naik menjadi Rp 37 ribu per kg dari harga normal di kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kg.

Baca juga : Kapolri Minta Forkopimda Dan FKUB Siapkan Strategi Vaksinasi Di Bulan Ramadan

“Harga pangan ini bakal terus melambung jika Pemerintah tak mampu mengamankan stok. Apalagi di momen puasa dan Lebaran,” tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.