Dark/Light Mode

Fasilitas Lounge Lengkap, Layanan Private Jet Di Bandara Soetta Tingkatkan Daya Saing

Minggu, 27 Maret 2022 07:05 WIB
Saphire Precious Lounge yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Saphire Precious Lounge yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
Ia menjelaskan pesawat private jet ditempatkan di area parkir pesawat (apron) di airside Terminal 1 yang terletak dekat dengan Saphire Precious Lounge.

Lebih lanjut, Agus Haryadi menuturkan saat ini Bandara Soekarno-Hatta juga sudah diperkuat dengan 3 landasan pacu (runway) guna mendukung kelancaran operasional penerbangan.

Head of Operation Control Center Travira Air Dody Suratno mengatakan, penerbangan private jet di Bandara Soekarno-Hatta selama ini berjalan lancar didukung lengkapnya fasilitas layanan dan operasional.

Baca juga : Perang, Dopamin Dan Kesepian

“Lounge sangat bagus, keren, dilengkapi berbagai fasilitas. Selain itu, ada juga area parkir kendaraan yang memudahkan penumpang,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi Bea dan Cukai, Imigrasi dan Karantina (Custom, Imigration and Quarantine/CIQ) yang selalu siaga kapan pun.

“Kami pernah ada jadwal terbang jam 4 pagi untuk rute internasional, dan CIQ sudah siap. Ini sangat bagus sekali karena mendukung kelancaran penerbangan. Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki fasilitas yang sangat baik guna mendukung operasional pesawat,” ujar Dody Suratno.

Baca juga : Jangan Nyerah, Negara Harus Kuat

Dia menuturkan, ke depannya, standar layanan lounge bagi penumpang pesawat dan hal terkait operasional penerbangan dapat dipertahankan dan secara berkelanjutan ditingkatkan.

Pada Juli 2021, AP II pernah menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan potensi layanan penerbangan general aviaton di Bandara Soekarno-Hatta dengan peserta operator penerbangan general aviation.

Di dalam FGD tersebut, peserta membahas mengenai 4 topik utama terkait penerbangan general aviation di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Faktor Operasi dan Layanan, Faktor Fasilitas dan Infrastruktur, Faktor Komersial dan Faktor Regulasi.

Baca juga : Etika Dan Balon Warna-warni

Berdasarkan pembahasan yang dilakukan, para peserta yang terdiri dari operator general aviation memberikan respons positif terkait layanan general aviation termasuk penerbangan private jet di Bandara Soekarno-Hatta sebagai pilihan layanan bagi pelanggan.

Layanan penerbangan private jet di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan mulai 24 Januari 2022 seiring dengan ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma dalam rangka revitalisasi.

Pada periode 24 Januari - 25 Maret 2022, jumlah penerbangan private jet di Bandara Soekarno-Hatta tercatat sebanyak 818 penerbangan yang terdiri dari 577 penerbangan domestik dan 241 penerbangan internasional.Pada periode tersebut, jumlah penumpang pada penerbangan private jet mencapai 4.588 orang. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.