Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Ajak Pemerintah Daerah Genjot Pakai Produk UMKM

Selasa, 29 Maret 2022 20:56 WIB
Deputi UKM, Kemenkop UKM Hanung Harimba. (Foto: Dok Kemenkop UKM)
Deputi UKM, Kemenkop UKM Hanung Harimba. (Foto: Dok Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Hanung mengatakan, Batam merupakan daerah yang geliat perekonomiannya sangat tinggi dan prospektif. Daya tarik investasi di Kepulauan Riau tertinggi, yaitu pada 2021, total investasi di Kepri baik dari PMDN maupun PMA mencapai Rp 24,7 triliun dan nilai ekspor non migas hingga Desember 2021 mencapai 12,4 miliar dolar AS atau naik 26,83 persen dibanding tahun 2020.

"Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dengan aktivitas ekonomi yang tinggi diharapkan menjadi salah satu penggerak pengguna produk dalam negeri dan terutama produk UMKM," ungkap Hanung.

Baca juga : Resmikan Kantor Baru, Ajaib Group Dukung Pemerintah Terus Pacu Perkembangan Digital

Ia meminta, agar seluruh stakeholder, pemerintah daerah, serta masyarakat Kepulauan Riau dapat berkolaborasi melakukan Gernas BBI 2022 untuk memperluas pasar produk UMKM.

Ia bilang, pemerintah sedang mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui digitalisasi. Setidaknya 17,2 juta UMKM telah bergabung dalam ekosistem digital dari target 30 juta UMKM go digital tahun 2023.

Baca juga : KAHMI Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Daerah

“Dalam menyerap produk Koperasi dan UMKM oleh pemerintah, tahun 2022 ini kami menargetkan 1 juta UMKM dapat masuk dalam ekatalog LKPP dengan target alokasi pengadaan barang dan jasa bagi UMKM mencapai Rp 400 triliun,” ujar Hanung. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.