Dark/Light Mode

Halangi Kontainer Masuk Pelindo I Perawang, Projo Riau Desak Bupati Evaluasi Kadishub Siak

Rabu, 30 Maret 2022 15:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ormas Pro Jokowi (Projo) Provinsi Riau, mendesak Bupati Siak, Alfedri, segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Perhubungan dan anak buahnya terkait adanya pelarangan truk kontainer menuju pelabuhan Pelindo I Perawang.

Desakan tersebut diungkapkan Ketua Projo Riau, Soni Silaban, menanggapi keluhan beberapa sopir dan perwakilan perusahaan jasa angkutan yang truk kontainernya ditilang oknum petugas Dishub Kabupaten Siak, Riau saat menuju ke akses jalan Pelabuhan Pelindo 1 Perawang.

Baca juga : Sudirman Minta Skuad Persija Bangkit Dan Evaluasi Diri

"Kinerja Kadishub Siak perlu dipertanyakan. Ulah petugas Dishub yang sengaja menilang truk-truk tersebut jelas-jelas menghambat kelancaran distribusi ekspor dan logistik nasional. Padahal, beberapa perusahaan angkutan kontainer dan sopir-sopir ini sudah bertahun-tahun melalui jalan tersebut, kenapa tiba-tiba sekarang dilarang," ujar Soni kepada wartawan, Rabu (30/3).

Padahal, kata Soni, Presiden Jokowi sendiri sudah menginstruksikan para pejabat daerah beserta aparat, baik TNI/Polri dan Dishub, untuk mempermudah jasa angkutan logistik yang menuju pelabuhan.

Baca juga : Diduga, Ribuan Orang Pernah Masuk Ke Kerangkeng Bupati Langkat

"Pelabuhan adalah objek vital yang saat ini menjadi sarana penting untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional," bebernya.

Dampak dilarangnya sopir kontainer melintasi akses Jalan ke Pelindo 1 Perawang kata Soni, distribusi logistik terhambat. "Jadi dalih para oknum Dishub Siak ini, melarang para sopir karena melanggar pasal 125 dan 301. Tentu ini sangat miris dan mengganggu kelancaran distribusi ekspor dan logistik nasional terutama di Provinsi Riau," urainya.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan Bupati Nonaktif Kuansing Andi Putra

Projo Riau kata Soni, juga minta Bupati Siak segera memberikan arahan atau membuat aturan yang jelas bagi para pengemudi truk Kontainer yang menggunakan akses jalan masuk ke Pelabuhan Pelindo 1.

"Jika aturan tak jelas, kasihan para sopir. Upah mereka tak seberapa, kalau ditilang belum tentu perusahaan mau mengganti uangnya," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.