Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sidak Ke SPBU, Pertamina Jamin Pasokan BBM Di Kota Padang

Sabtu, 2 April 2022 20:59 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke  sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Jumat (1/4).
Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Jumat (1/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution bersama Anggota Komisi VI DPR, Andre Rosiade melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (1/4). Demi memastikan stok BBM untuk masyarakat, jelang bulan puasa.

Dalam sidak tersebut, Alfian memastikan bahwa stok BBM di Kota Padang dalam kondisi aman. Tak ada antrean di SPBU.

Untuk terus mengantisipasi terjadinya antrean, Alfian mengatakan, Pertamina telah melakukan penambahan pasokan BBM jenis Solar di Sumatera Barat.

Berita Terkait : Sidak Ke Pasar, Mentan SYL Jamin Ketersediaan 12 Pangan Dasar Selama Ramadhan

“Sejak seminggu lalu, kami telah melakukan penambahan pasokan Solar sebanyak 5 hingga 10 persen secara bertahap di Sumatera Barat. Penambahan ini meningkat dari alokasi kuota Solar di Sumbar, yang sebelumnya sebesar 411 ribu per tahun,” ungkapnya.

Alfian menegaskan, penambahan pasokan tersebut diharapkan dapat beriringan dengan pengawasan di lapangan. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, serta aparat. Agar penggunaan Solar subsidi bisa lebih tepat sasaran. 

Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, Pertamina Patra Niaga juga mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. 

Berita Terkait : Pertamina Pastikan BBM Di Maluku Dan Papua Tercukupi

“Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM Solar subsidi, mohon agar melapor ke aparat berwenang. Contohnya, truk dengan roda di atas enam, truk sawit, truk batu bara, yang sesuai aturan dilarang menggunakan Solar subsidi,” ajak Alfian kepada masyarakat.

Alfian turut mengimbau konsumen, agar menggunakan BBM sesuai peruntukannya. Serta bijak memilih BBM sesuai spesifikasi mesin kendaraan.

Sidak yang berlangsung hingga sore hari, dilakukan di sejumlah SPBU wilayah Kota Padang, diantaranya SPBU 13.251.501 Tj. Saba Pitameh, SPBU 14.251.525 Air Pacah, SPBU 14.251.518 Pisang, dan SPBU 14.251.520 Balai Gadang. [KPJ]

Berita Terkait : Dirut Pertamina Patra Niaga Jamin Ketersediaan Pasokan BBM Di Sumbar