Dark/Light Mode

Amankan Pasokan BBM, Stok Solar Dijaga Lebih Dari 20 Hari

Minggu, 3 April 2022 19:22 WIB
Kesibukan kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022. (Foto Akbar Surya Ramanda/Magang RM)
Kesibukan kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022. (Foto Akbar Surya Ramanda/Magang RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih tingginya harga minyak dan memasuki bulan Ramadhan yang diikuti dengan kondisi ekonomi yang berangsur pulih dapat mendorong peningkatan konsumsi BBM. Pertamina memastikan agar pasokan BBM tersedia. Khususnya BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat termasuk Pertalite.

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi, harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih di atas US$ 100 per barel. Sementara Maret 2022 sekira US$ 113 per barel.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Stok Bahan Pokok Sampai Lebaran Aman, Harganya Terjangkau

Namun, pemerintah bersama Pertamina memastikan agar pasokan BBM tersedia, khususnya BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, termasuk Pertalite. Demikian halnya BBM solar akan ditingkatkan pasokannya dan menjaga stok lebih dari 20 hari. 

 “Pemerintah menjamin tersedianya BBM dan melakukan koordinasi dengan Pertamina,” kata Agung Pribadi dalam rilis, Sabtu, 2 April 2022.

Baca juga : Kembangkan Perdagangan Karbon, PLN Berguru Dari 3 Negara Eropa

 “Pertamina telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan dalam rangka terjaminnya ketersediaan BBM, serta mengantisipasi peningkatan kebutuhan khususnya di bulan Ramadan ini,” sambung Agung.

Dalam upaya pengendalian penyaluran BBM jenis solar bersubsidi, Pemerintah mengambil beberapa langkah strategis, antara lain telah terbitnya Keputusan Menteri ESDM No 45.K/HK.02/SJN.H/2022 tanggal 24 Januari 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.