Dark/Light Mode

Kemenhub Siapkan 500 Bus Dan Truk Angkutan Gratis

Yang Mau Mudik Lebaran, Please Jangan Naik Motor

Senin, 4 April 2022 06:38 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Syarat itu sejalan dengan aturan perjalanan mudik, yang saat ini masih ditunggu aturan tertulisnya. Misalnya, syarat untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi mem-proyeksi, ada 79 juta masyarakat yang ingin mudik Lebaran di tahun ini.

Tiga daerah di Indonesia ter­banyak yang menjadi tempat tu­juan pemudik, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga : Menhub Pastikan Tidak Ada Penyekatan

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, menjelaskan, tingginya jumlah pemudik tahun ini karena adanya pembatasan perjalanan selama dua tahun ini.

Dengan animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan mudik, BKS memperkirakan, akan ada peningkatan sarana dan prasarana transportasi.

“Saya telah meminta kepada para dirjen untuk melakukan ramp check pesawat, kapal laut, kereta api. Dan kami wajibkan pemeriksaan kesehatan terhadap pilot, nahkoda, masinis dan sopir bis,” katanya.

Baca juga : Jokowi: Yang Mau Mudik, Jumlahnya 79 Juta, Jangan Dibandingkan Dengan MotoGP Mandalika

BKS juga meminta untuk memudahkan pemudik yang akan melakukan vaksinasi do­sis ketiga dengan menyediakan sentra vaksinasi di bandara, pelabuhan, terminal bus, dan stasiun kereta api.

Adapun untuk teknis pelaksanaan mudik nanti, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan ke­menterian/ lembaga terkait untuk menyiapkan surat edaran.

Surat edaran ini nantinya akan menjadi rujukan bagi operator pelaksana dan berlaku untuk semua jenis moda transportasi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.