Dark/Light Mode

Kolaborasi Hadirkan One Stop Solution

Erick Dorong BUMN Penuhi Rumah Milenial Dan Gen Z

Minggu, 10 April 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro (kanan) dan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Haru Koesmahargyo (kiri) saat meluncurkan hunian milenial terintegrasi transportasi Apartemen Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022). (Foto:  ANTARA FOTO/Yulius Satria WIjaya/tom).
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro (kanan) dan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Haru Koesmahargyo (kiri) saat meluncurkan hunian milenial terintegrasi transportasi Apartemen Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria WIjaya/tom).

 Sebelumnya 
Sehingga tak menutup kemungkinan pihaknya juga akan menyasar pasar dari kalangan milenial. Dengan menghadirkan berbagai kemudahan, seperti pinjaman perbankan untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

“Kemudahan-kemudahan tentunya kami berikan, baik dari sisi developer maupun dari sisi perbankan, yang memberikan pinjaman dengan bunga kompetitif dan jangka waktu fleksibel,” ungkapnya.

Saat ini, progres pembangunan Aspena Residence telah mencapai 98 persen. Dia menargetkan, pertengahan tahun ini sudah selesai dan bisa diserahterimakan kepada konsumen.

Sebelumnya, akhir pekan lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan pelat merah memberikan layanan one stop solution. Ini untuk memudahkan para milenial dan Gen Z memenuhi kebutuhan perumahannya.

Baca juga : Beri Bantuan Dana Tunai, Sobat Erick Dorong Kemajuan Bisnis Kain Tenun Khas Kalteng

Sebab, perumahan merupakan masalah krusial di seluruh dunia. Termasuk, Indonesia dengan populasi lebih dari 273 juta jiwa.

Untuk itu, menurutnya, perlu dicarikan one stop solution agar kebutuhan perumahan tersebut bisa terpenuhi. Hal ini diwujud[1]kan dengan sinergi antara BUMN, yakni PT Bank Tabungan Negara/BTN (Persero) dan Perum Perumnas, dengan PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero), BUMN Karya, hingga PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia/Telkom (Persero).

“Kita tidak bicara lagi (memenuhi kebutuhan perumahan) milenial, tapi juga Gen Z yang jumlahnya 53 persen dari total penduduk, yang mengalami disrupsi teknologi, lapangan pekerjaan berubah, dan kesempatan berusaha juga berubah,” kata Erick, saat acara Pencanangan Penyediaan Pembiayaan dan Hunian Millenial di Kawasan Hunian Millenial, Samesta Mahata Margonda, Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/4).

Mantan bos Inter Milan ini menjelaskan, one stop solution yang ditawarkan yakni dengan mensinergikan tanah yang disediakan PT KAI. Lalu perumahan dibangun oleh Perumnas dan dibantu BUMN Karya. Selanjutnya, BTN mengambil peran untuk memberikan financing yang dibantu jasa keuangan.

Baca juga : Kapolri Pastikan Stok BBM Bersubsidi Terjamin Dan Tepat Sasaran

Sementara PLN dan Telkom, saling bersinergi memberikan solusi yang terbaik.

Dengan sinergi tersebut, sambung Erick, dapat memberikan sesuatu yang nyata kepada Gen Z, yang sangat membutuhkan tempat tinggal.

Menurutnya, perumahan tersebut tidak hanya affordable dari sisi harga, tapi juga efisiensi dalam kesehariannya. Khususnya, hunian yang dapat mengakses fasilitas transportasi dengan mudah untuk bekerja.

Karenanya, bos Mahaka Group itu optimistis, konsep perumahan seperti itu bisa direalisasikan oleh perusahaan-perusahaan pelat merah yang terus bersinergi.

Baca juga : Tidak Hanya Kelistrikan, Erick Thohir Dorong PLN Perluas Lini Bisnis

“Saat ini, one stop solution dijadikan pilot project, kalau ini bisa berjalan di puluhan tempat, maka akan menjadi solusi yang baik,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengaku, siap bersinergi dengan BUMN lainnya. Khususnya untuk mendukung pemenuhan rumah bagi dua generasi tersebut. Salah satunya, lewat penyediaan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD).

“Ada peluang yang sangat besar dalam menjembatani gap antara permintaan dan penawaran akan perumahan yang layak pada segmen milenial ini,” tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.