Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ekamas Fortuna Sabet Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Senin, 11 April 2022 19:57 WIB
Manajemen PT Ekamas Fortuna memamerkan sertifikasi ISO 37001:2016. (Foto: Ist)
Manajemen PT Ekamas Fortuna memamerkan sertifikasi ISO 37001:2016. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Ekamas Fortuna berhasil meraih sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Sertifikasi berstandar internasional ini dirancang untuk membantu organisasi menerapkan sistem manajemen anti-penyuapan, dengan serangkaian regulasi dan tindakan untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan menangani penyuapan.

Head of General Services PT Ekamas Fortuna, Yohanes Repelitanto menyambut, baik sertifikasi yang berhasil diraih ini, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Baca juga : Ikatan Pegawai BI Sabet Penghargaan Dari Organisasi Kemanusiaan Nasional

"Sebagai perusahaan yang dikelola secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, kami terus berupaya meningkatkan standar etika dalam menjalankan bisnis, karena kami percaya dengan menjunjung tinggi etika dapat menunjukkan identitas dan nilai kami yang lebih baik," ujar Yohanes.

Dalam penerapan SMAP terdapat empat prinsip yang menjadi pedoman, antara lain: No Bribery (hindari/menolak segala bentuk suap menyuap dan pemerasan). No Kickback (hindari/ menolak meminta komisi, tanda terima kasih baik dalam bentuk uang dan dalam bentuk lainnya). No Gift (hindari/ menolak penerimaan pemberian hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku). No Luxurious Hospitality (hindari/ menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan).

Sejak tahun 2020, perusahaan telah mengembangkan Kebijakan Anti-Penyuapan dan Anti-Korupsi sebagai inisiatif awal dalam mengelola risiko penyuapan dan korupsi di lingkup perusahaan. Salah satunya dengan menyediakan wadah pelaporan (whistleblowing system).

Baca juga : Simak, 6 Tips Puasa Sehat Untuk Lansia, No.1 Hindari Makanan Tinggi Gula Garam

Melalui wadah ini, perusahaan memastikan bahwa bagi siapapun, apabila melihat praktik-praktik yang melanggar, termasuk terkait indikasi penyuapan dapat menyampaikan laporannya melalui call center maupun via email.

Selain itu, Ekamas Fortuna senantiasa melakukan sosialisasi dan test online kepada karyawan, agar penerapan SMAP dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan.

"Dengan berhasil mendapatkan ISO 37001, kami berharap PT Ekamas Fortuna dapat secara konsisten menerapkan persyaratan sistem manajemen antipenyuapan sehingga dapat memperoleh manfaat maksimal dari penerapan standar tersebut," ungkap Yohanes. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.