Dark/Light Mode

Fluktuasi Perdagangannya Masih Wajar

Hari Kedua Melantai Di Bursa, Saham GoTo Lesu

Rabu, 13 April 2022 07:30 WIB
Perdagangan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). (Foto: dok. GoTo).
Perdagangan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). (Foto: dok. GoTo).

 Sebelumnya 
Dari sisi harga saham yang dipatok sebesar Rp 338 per lembar, menurut Hans, diperkirakan kapitalisasi pasar dari GoTo akan menyentuh sekitar Rp 400 triliun. Ini menjadikan GoTo termasuk dalam jajaran perusahaan dengan kapitalisasi besar di Indonesia.

“Dengan menganggap GoTo sebagai perusahaan yang memiliki size besar, banyak para pelaku pasar berharap memperoleh keuntungan dari IPO tersebut,” kata dia.

Hans menambahkan, meskipun IPO GoTo dianggap menarik, pasar tetap berhati-hati. Hal ini disebabkan dalam IPO kali ini, investor sudah memiliki benchmark pasar dan berkaca pada listing emiten-emiten teknologi sebelumnya seperti BUKA dan GRAB.

Baca juga : Resmi Melantai Di Bursa, Saham GoTo Langsung Melesat

Sebagai informasi, dari keseluruhan proses penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO), GoTo berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 15,8 triliun (1,1 miliar dolar Amerika Serikat).

Angka itu terdiri dari keberhasilan penghimpunan dana sebesar Rp 13,7 triliun (954,7 juta dolar AS) dari IPO. Serta menghimpun dana sebesar Rp 2,1 triliun (146,3 juta dolar AS) melalui penjualan saham treasuri dalam rangka opsi penjatahan lebih (greenshoe). Penghimpunan dana tersebut mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 400,3 triliun (28 miliar dolar AS).

Berdasarkan jumlah dana yang dihimpun, IPO GoTo merupakan IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia untuk tahun 2022. IPO GoTo juga menarik partisipasi sekitar 300 ribu investor dalam proses penawaran umum saham. Ini merupakan rekor partisipasi tertinggi investor pada proses IPO dalam sejarah pasar modal Indonesia.

Baca juga : Atlet Jambi Peraih 9 Medali Diguyur Bonus Bendahara Pagar Nusa

Dalam rangka menjadikan IPO GoTo sebagai salah satu yang paling inklusif di dunia, GoTo melaksanakan Program Saham GoTong Royong. Di mana GoTo mengalokasikan saham dengan nilai sekitar Rp 310 miliar untuk mitra pengemudi. Serta membentuk GoTo Future Fund. Yaitu, dana abadi untuk mendukung inisiatif dan solusi yang memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan dalam ekosistem GoTo.

Melalui Program Saham GoTong Royong, mitra pengemudi di Indonesia akan menerima saham secara cuma-cuma, setelah berakhirnya masa lock-up.

Chief Executive Officer (CEO) Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, melalui momen bersejarah tersebut, pihaknya berusaha meningkatkan kemampuan untuk mencapai misi perusahaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.