Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Baznas, Pupuk Kaltim Salurkan Zakat Rp 9,4 Miliar

Rabu, 13 April 2022 14:39 WIB
Foto: Dok PKT
Foto: Dok PKT

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan dana zakat senilai Rp 9,4 miliar yang berhasil dihimpun dari pemotongan gaji karyawan PKT setiap bulan selama satu tahun terakhir.

Guna mengoptimalkan pengelolaan zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PKT juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sejak 2019, dan telah menyalurkan zakat ke berbagai bidang dan kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Pembayaran zakat melalui Baznas diharapkan bisa dikelola dengan profesional, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat.

Upaya tersebut merupakan langkah PKT yang konsisten menerapkan prinsip ESG (environment, social, governance) dalam aktivitas perusahaan, yang salah satunya menyoroti terkait transparansi, termasuk di dalam pengelolaan zakat.

Baca juga : Wow, Barcelona Rayu Lewandowski Gaji Rp 1,4 Miliar Per Hari

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan, sejak 2019 PKT terus gencar untuk giatkan sadar zakat kepada para karyawan. UPZ juga terus bersinergi dengan berbagai lembaga terkait, baik di tingkat lokal maupun nasional seperti Baznas, guna mengoptimalkan penyaluran zakat.

“Kami percaya, melalui pengelolaan dan pemanfaatan zakat yang tepat sasaran, dapat mendukung terjuwudnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Adapun dalam pengelolaan zakat, UPZ PKT terus konsisten menerapkan kebijakan untuk tidak menahan zakat sebagai kas.

Pertanggungjawaban penyaluran dan pengelolaan dana zakat juga dilakukan secara disiplin, melalui pelaporan berkala kepada para muzakki (pemberi zakat).

Baca juga : Undang Cak Nun Mentas, PDIP Kembali Ke Jalan Yang Benar

Selain menggandeng Baznas, penyaluran zakat yang dilakukan oleh UPZ PKT direalisasikan melalui berbagai program yang tetap mengacu pada lima pedoman Baznas. Yaitu meliputi bidang ekonomi, kesehatan, dakwah, advokasi, serta pendidikan dan kemanusiaan.

Adapun alokasi porsi penyaluran dana zakat PKT meliputi 70 persen disalurkan oleh UPZ PKT untuk masyarakat sekitar sesuai dengan delapan kategori asnaf, dan 30 persen lainnya disalurkan melalui Baznas pusat untuk nasional.

Beberapa program unggulan UPZ PKT dalam penyaluran zakat bagi masyarakat sekitar. Di antaranya blusukan bulanan untuk memberikan pelayanan medical check up gratis, Klinik Dhuafa, pemberdayaan ekonomi.

Seperti modal dan bedah rumah, beasiswa pendidikan, santunan kemanusiaan, hingga ATM Beras yang mampu mengakomodasi 640 mustahik dalam satu bulan. Konsistensi dan kinerja PKT dalam mengumpulkan dan mengelola zakat secara transparan juga mendapat pengakuan.

Baca juga : NASIONAL RE Salurkan Zakat Perusahaan Hampir 1 Miliar Melalui BAZNAS

PKT berhasil meraih penghargaan Unit Pengumpul Zakat terbaik kategori perusahaan BUMN selama 2 tahun berturut-turut pada ajang tahunan Baznas Award.

“Kami berharap, konsistensi PKT dalam hal pengelolaan dan pengumpulan zakat ini dapat terus dioptimalkan sebagai wujud komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip ESG,” ujar Qomaruzzaman.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengimbau perusahaan BUMN untuk segera menunaikan zakat dan membayarnya melalui Baznas.

"Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengimbau pada seluruh pejabat negara, seluruh pejabat di BUMN, seluruh perusahaan swasta dan seluruh Kepala Daerah beserta jajarannya di seluruh Indonesia untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas," kata Jokowi saat membayar zakat penghasilan melalui Baznas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.