Dark/Light Mode

Disiapkan Bagi 10.500 Pemudik Yang Ke Jateng

Asik, Kemenhub Kembali Gelar Layanan Mudik Gratis

Sabtu, 9 April 2022 19:03 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto: BKIP Kemenhub)
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik gratis pada Lebaran tahun ini. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi meminta masyarakat memanfaatkan program ini dan tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik.

"Diimbau bagi masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang," imbau Budi, Sabtu (9/4).

Kemenhub menyediakan 350 unit bus dengan tujuan 14 kota di Provinsi Jawa Tengah. Yaitu, Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto.

Baca juga : Cari 16 Perenang Inti, PB PRSI Gelar Seleknas Time Trial

Dijelaskannya, Kemenhub hanya menyiapkan mudik gratis tujuan ke Jawa Tengah lantaran hasil survei menunjukkan, provinsi itu jadi tujuan terbanyak pemudik.

Tahun ini, layanan mudik gratis disiapkan bagi 10.500 penumpang via jalur darat. Jumlah itu terdiri dari 250 unit bus mengangkut 8.100 penumpang untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik, disediakan 80 bus yang mengangkut 2.400 penumpang.

Kemenhub juga menyiapkan kuota truk bagi sepeda motor sebanyak 34 unit, yang mampu mengangkut 1.020 unit sepeda motor dengan tujuan Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri. Untuk keberangkatan arus balik, disediakan bus dari lima kota. Yaitu, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri. 

Baca juga : Disaksikan Airlangga, Sinar Mas Gelar Peremajaan Sawit Rakyat Di Riau

Pendaftaran mudik gratis dimulai pada 9 April 2022 dan keberangkatannya dijadwalkan pada 28 April 2022. Bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis dapat mengakses situs www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring.

Selanjutnya dapat login dan mengisi data lengkap, kemudian menunggu verifikasi dan validasi sistem. Setelah itu calon pemudik dapat mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik.

Kemudian, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.

Baca juga : Kementerian Investasi Perkuat Layanan OSS

Setelah itu, calon pemudik dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus. Syarat lainnya untuk mudik gratis ini yaitu pemudik wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, serta sudah vaksin lengkap atau vaksin booster.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.