Dark/Light Mode

Top, Pertamina Sukses Pertahankan Peringkat Investment Grade, Prospek Stabil

Senin, 5 Oktober 2020 21:59 WIB
Top, Pertamina Sukses Pertahankan Peringkat Investment Grade, Prospek Stabil

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, PT Pertamina (Persero) berhasil mempertahankan peringkat Investment Grade atau BBB dengan prospek Stabil dari Lembaga Pemeringkat Dunia, Fitch.

Capaian ini cukup melegakan, mengingat pada saat yang sama, Fitch Ratings menurunkan peringkat utang berdaulat (sovereign credit rating) terhadap 33 entitas, termasuk negara di sepanjang semester I-2020.

Baca juga : Agus Amperianto Siapkan Jurus Jitu Genjot Produksi Migas

Fitch juga menurunkan prospek kredit atas 40 negara atau entitas berdaulat menjadi "negatif".

Apalagi, menurut Fitch, pemangkasan dan penurunan prospek pemeringkatan negara dan entitas masih akan terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19, yang hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda melandai.

Baca juga : Warga Singapura Boleh Masuk RI Untuk Kepentingan Bisnis

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, peringkat Pertamina pada tahun ini, sama dengan peringkat Indonesia yaitu BBB/Stabil. Mengingat Pertamina dan Pemerintah memiliki hubungan yang kuat.

Pertamina merupakan bagian penting pemerintah, yang berperan dalam menyediakan energi dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga : Inovasi Pertamina Lubricants Perkuat Bisnis Saat Pandemi

"Penilaian Fitch Rating dengan tingkat Investment Grade, juga menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan Pertamina dalam kategori wajar,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.