Dark/Light Mode

Jaga Pasokan Listrik Tetap Handal

PLN Kalbar Sukseskan STQ Nasional XXV Di Pontianak

Senin, 1 Juli 2019 05:34 WIB
General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi (kedua kiri) foto bersama petugas PLN didepan UPS, power bank besar di lokasi acara STQ Nasional XXV di Pontianak. (Foto : Humas PLN UIW Kalbar)
General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi (kedua kiri) foto bersama petugas PLN didepan UPS, power bank besar di lokasi acara STQ Nasional XXV di Pontianak. (Foto : Humas PLN UIW Kalbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar terus mengawal suplai listrik agar tetap handal dalam rangka menyukseskan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV yang berlangsung di Pontianak mulai 28 Juni hingga 5 Juli 2019.

Petugas PLN berjibaku mengamankan pasokan listrik disejumlah lokasi tempat berlangsungnya kegiatan tersebut.

"Persiapan PLN telah dilakukan jauh sebelum kegiatan dimulai. PLN melakukan koordinasi dengan panitia lokal maupun nasional guna mengamankan pasokan listrik, terutama dilokasi-lokasi tempat berlangsungnya kegiatan," turur General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalbar, Agung Murdifi dalam rilis yang diterima RM.Co, Minggu (30/6/2019).

Baca juga : Rommy Pastikan Menteri Lukman Terlibat Jual Beli Jabatan di Kementerian Agama

Dijelaskan, pihaknya telah melakukan upaya pemeliharaan dan perbaikan baik disisi pembangkit, transmisi serta distribusi.

"Termasuk juga mengamankan jaringan listrik dari gangguan dengan melakukan pemangkasan pohon serta tanam tumbuh milik warga yang dekat dengan jaringan listrik," katanya.

Agung mengatakan, secara keseluruhan pasokan listrik disetiap lokasi kegiatan disuplai oleh PLN. Khusus untuk mengamankan pasokan listrik di panggung utama Taman Alun Kapuas, PLN menyiapkan 1 unit UPS berkapasitas 100 kVa dengan 4 unit genset milik PLN berkapasitas 300 kVA, serta genset milik Event Organizer sebagai penanggungjawab kegiatan.  

Baca juga : Kementerian ESDM: Pasokan Listrik Selama Libur Lebaran di Sulawesi Aman

"Selain menyiapkan UPS berkapasitas 100 kVA dan Genset dengan total kapasitas 500 kVA, kami juga mensiagakan beberapa unit gardu bergerak dengan total kapasitas sebesar 835 kVA, termasuk mensiagakan 4 orang personel disetiap titik kegiatan. Hal ini kami lakukan untuk mastikan seluruh kegiatan dapat berlangsung dengan lancar tanpa terkendala olah pasokan listrik," tegas Agung.

Untuk kelancaran kegiatan, pihaknya juga telah menyiapkan SOP pelayanan agar jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik secara mendadak, maka seluruh personel yang bertugas dapat secara otomatis melakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Untuk panggung utama di taman Alun Kapuas lanjut Agung, PLN menyiapkan 1 unit UPS , 4 unit Genset, dan 3 unit UGB. Sementara di Kampus Untan dan IAIN disiagakan masing-masing 1 unit  Genset, serta 2 unit Genset di lokasi Tugu Khatulistiwa.

Baca juga : PJB Jamin Pasokan Listrik Lebaran

"Di lokasi Masjid Mujahidin kami backup dengan beberapa sumber penyulang, sehingga jika terjadi gangguan pada satu penyulang maka secara otomatis dapat disuplai dari penyulang yang lainnya," imbuh Agung.

Kegiatan STQ Nasional ke XXV yang diselenggarakan dibuka secara simbolis oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, didampingi Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji ini akan berlangsung  selama 7 hari dan diikuti oleh perwakilan 33 provinsi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.