Dark/Light Mode

Penembakan Di Christchurch Perpanjang Daftar Serangan Di Tempat Ibadah

Jumat, 15 Maret 2019 19:55 WIB
Suasana di Christchurch, Selandia Baru, pasca penembakan di 2 masjid di wilayah ini, Jumat (15/3). (Foto: CNN)
Suasana di Christchurch, Selandia Baru, pasca penembakan di 2 masjid di wilayah ini, Jumat (15/3). (Foto: CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi penembakan di 2 masjid di Christchurch Selandia Baru, Jumat (15/3), memperpanjang daftar serangan di tempat ibadah. Sebelumnya, tercatat 5 aksi penembakan di tempat ibadah di Amerika Serikat, yaitu: 

1.Sinagog Tree of Life
Peristiwa ini terjadi pada 27 Oktober 2018. Ketika itu, seorang pria bersenjata meneriakan anti Semit seraya menembaki orang-orang yang sedang menjalani kebaktian pagi Shabbat di Sinagog Tree of Life di Squirell Hill, Pittsburgh. Penembak yang diketahui bernama Robert Bowers itu menewaskan 11 orang dan melukai 6 orang. 

Baca juga : PLN Beri Bantuan Listrik Gratis Warga Serang

2. Gereja Sutherland Springs
Pada 5 Desember 2017, terjadi penembakan yang menewaskan 25 orang dan seorang bayi yang masih berada di dalam kandungan do Gereja Baptis Pertama Sutherland Springs, Texas. Devin Kelley yang merupakan pelaku penembakan ini, akhirnya bunuh diri di daerah pedesaan, di luar wilayah San Antonio.

3. Gereja Kapel Burnette Kristus
Seorang wanita tewas dan 7 lainnya luka-luka dalam serangan yang terjadi di Burnett Chapel Church of Christ di wilayah Tenggara Nashville, yang bersebelahan dengan Antioch. Tersangka penyerang di gereja ini adalah Emanuel Kidega Samson, pria berusia 25 tahun asal Sudan.

Baca juga : Suasana Masih Tegang, Aparat Amankan Dua Masjid Selandia Baru

Secara tak sengaja, Samson menembak bagian dadanya sendiri saat diringkus jemaat gereja. Selepas keluar RS, Samson didakwa melakukan pembunuhan dan percobaan pembunuhan.

4. Gereja Charleston
Sembilan orang yang sedang studi bibel tewas di Gereja Bersejarah Charleston, South Carolina pada 17 Juni 2015. Aksi brutal ini dilakukan oleh Dylann Roff di Gereja Methodis Afrika Emanuel. 

Baca juga : Nenek Leong, Pedagang Mi Pangsit Tertua Asia

5. Kuil Sikh Wisconsin
Kuil Sikh di pinggiran Milwaukee menjadi sasaran penembakan yang menewaskan 6 orang dan 3 luka-luka pada 5 Agustus 2012. Pelaku utama penembakan ini adalah Wade Michael Page. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.