Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketemu Pimpinan Bisnis Kanada, KADIN Indonesia Jajaki Investasi Bidang Energi Hijau

Kamis, 28 April 2022 20:22 WIB
Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Shinta Kamdani (ketiga kanan) bersama CEO Canada Chamber of Commerce, Hon Pearin Beatty (kedua kanan) di sela pertemuan dengan pengurus Canada Chamber of Commerce di Hotel Fairmont Ottawa, Kanada, Rabu (27/4). (Foto: KADIN Indonesia)
Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Shinta Kamdani (ketiga kanan) bersama CEO Canada Chamber of Commerce, Hon Pearin Beatty (kedua kanan) di sela pertemuan dengan pengurus Canada Chamber of Commerce di Hotel Fairmont Ottawa, Kanada, Rabu (27/4). (Foto: KADIN Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia yang dipimpin Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Shinta Kamdani menggelar pertemuan dengan pengurus Canada Chamber of Commerce di Hotel Fairmont Ottawa, Kanada, Rabu (27/4).

Pertemuan ini dipimpin dan difasilitasi langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak.

Sementara dari pihak Kanada, dipimpin oleh Presiden & CEO Canada Chamber of Commerce, Hon Pearin Beatty bersama sejumlah pimpinan perusahaan dari Pension Fund dan Sovereign Wealth Fund.

Shinta Kamdani yang juga Ketua Penyelenggara B20 Indonesia menuturkan, pertemuan ini merupakan rangkaian perjalanan pengurus KADIN Indonesia ke Amerika Serikat dan Kanada, untuk mempromosikan peluang investasi Indonesia. Sekaligus memperkuat hubungan bilateral bidang perdagangan.

Baca juga : Kurikulum Merdeka Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Yang Berkeadilan

“Kami membicarakan dan merumuskan format, agar banyak investor dari Kanada mau berinvestasi di Indonesia melalui skema INA atau Foreign Direct Investment (FDI) di sektor energi hijau. Demi mendukung komitmen pemerintah mencapai Net Zero Emission,” ujar Shinta, dalam keterangannya tertulisnya dari Kanada, Rabu (27/4).

Indonesia dikenal kaya akan energi hijau alias sumber energi baru terbarukan (EBT).

Saat ini, Indonesia memiliki potensi EBT sebesar 418 Giga Watt (GW), baik dari air, panas bumi (geothermal), hingga matahari.

Besarnya potensi energi baru terbarukan ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk mewujudkan transisi energi.

Baca juga : Bamsoet Ajak Ikatan Alumni Universitas Jayabaya Bangun Sinergi Sosial

Oleh karena itu, KADIN Indonesia sebagai perwakilan dari sektor usaha mengajak investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Terutama Kanada, yang dikenal cukup fokus dalam bidang energi hijau untuk ikut berpartisipasi dalam investasi di sektor ini.

Seperti diketahui, ketahanan energi, transisi menuju ekonomi hijau, serta investasi yang berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi merupakan tiga pilar utama kebijakan pemerintah Indonesia. Serta kebijakan yang dicanangkan dalam Presidensi G20 Indonesia.

Untuk mewujudkan ekonomi hijau ini, diperlukan tanggung jawab besar. Di samping peluang besar untuk investasi di sektor energi baru terbarukan

"Transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan, merupakan tanggung jawab besar. Sekaligus peluang besar potensi di sektor energi terbarukan, yang harus diikuti oleh skenario dan peta jalan yang jelas. Termasuk pendanaan dan investasi,” ujar Shinta.

Baca juga : Gandeng Kostrad, NOC Indonesia Gelar Vaksinasi Dan Booster Untuk Altet Dan Warga Sekitar

Selain dihadiri Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak, pertemuan itu juga dihadiri oleh Deputy Minister of International Trade Kanada David Morrison dan Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Hubungan Internasional Bernardino Vega. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.