Dark/Light Mode

Angkutan Lebaran Naik Signifikan

Erick: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Cetak Pertumbuhan Ekonomi Yang Luar Biasa

Rabu, 4 Mei 2022 16:19 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kanan) bersama Menko PMK Muhadjir Effendy (depan, tengah) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan, kiri) dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kanan) bersama Menko PMK Muhadjir Effendy (depan, tengah) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan, kiri) dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi, telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini disampaikan Erick, dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5).

"Ada data-data menarik, yang membuktikan pembangunan infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden, telah menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa," ujar Erick, yang datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca juga : Safari Ramadan, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur Hadapi Ramadan Dan Lebaran

Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan Lebaran tahun ini.

Jumlah truk logistik pada periode H-10 hingga H-1 Lebaran 2022 mencapai 22.588 unit. Atau naik 116 persen, dibanding periode yang sama pada 2019, yang hanya 10.477 unit.

Erick menilai, lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Genjot Literasi Keuangan, Bank Neo Commerce Patok Pertumbuhan User Hingga 30 Persen

"Ditambah lagi, kenaikan roda empat mencapai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019, menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat," ucap Erick.

Erick juga mendukung penuh rencana Kemenhub dan arahan Menko PMK, terkait rencana pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Dalam hal ini, Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Polri dan Pemerintah Daerah, untuk menindaklanjuti arahan Menko PMK terkait operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Baca juga : Kebijakan Perdagangan Terbuka Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia

"Kementerian BUMN akan menggambarkan ulang bersama Polri dan Pemda, apakah Merak akan tetap menjadi pelabuhan penyeberangan untuk mobil dan motor. Sementara angkutan logistik dipindahkan ke titik lain, atau bagaimana? Ini bisa jadi pertimbangan dalam penghitungan ulang. Agar kita bisa meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat," terang Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.