Dark/Light Mode

Sampai Juni, Pelindo lll Kucurin Dana CSR Rp 17 M

Senin, 1 Juli 2019 21:39 WIB
Desa Adat Panglipuran menerima bantuan CSR dari Pelindo III. (Foto: Pelindo III)
Desa Adat Panglipuran menerima bantuan CSR dari Pelindo III. (Foto: Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah merealisasikan penyaluran dana CSR hingga Juni 2019 sebesar Rp 17,5 miliar untuk masyarakat di sekitar pelabuhan di 7 provinsi yang dikelolanya.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, dana bantuan tersebut dibagi dalam dua program yaitu Program Bina Lingkungan sebesar Rp 12,5 miliar untuk membantu berbagai kebutuhan sosial masyarakat di berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga budaya.

"Program berikutnya adalah program kemitraan sebesar Rp 5 miliar untuk meningkatkan usaha kecil dan menengah (UKM)," katanya dalam keterangannya, Senin (1/7).

Baca juga : Hadapi Arus Balik, Pertamina Perkuat Ketahanan Stok BBM

Doso Agung mengatakan, jumlah UKM yang menjadi mitra binaan Pelindo III ada 2.800 dan tersebar di 7 provinsi. Menurutnya, setiap pelaku UKM merupakan pemangku kepentingan yang juga penting bagi perusahaan.

“Mereka sangat penting bagi perusahaan karena bisnis pelabuhan akan bertumbuh seiring peningkatan ekonomi hinterland-nya (kawasan di sekitarnya). Begitu pula dengan kualitas hidup sosial warga sekitar pelabuhan,” ujarnya.

Adapun salah satu contoh kegiatan CSR untuk program kemitraan Pelindo III yakni pinjaman lunak sebesar Rp 1,06 miliar sebagai suntikan modal kerja bagi 13 UKM di sekitar Pelabuhan Benoa Bali. Dari 13 home industri tersebut, kebanyakan bergerak di bidang perikanan dan jasa perdagangan. Mereka lebih banyak berasal dari Kabupaten Badung.

Baca juga : Takbir Keliling Boleh Asal Tertib Dan Rapi

CEO Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali, Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra menambahkan, sebelum menjadi mitra binaan, UKM perlu mengikuti seleksi meliputi pengajuan proposal hingga survei. “Selain menerima pinjaman modal, seluruh mitra juga akan diikutsertakan dalam Pelatihan Kewirausahaan," ujarnya.

Sementara untuk Program Bina Lingkungan, contohnya disalurkan di Bali berupa bantuan pembangunan toilet umum dan balai patok untuk Desa Adat Panglipuran, Kabupaten Bangli yang merupakan salah satu objek wisata budaya yang masih menjaga tradisi adat istiadatnya dengan baik.

Adapun daerah lain yang menerima program Bina Lingkungan yakni Banjarmasin untuk bantuan pendidikan, kesehatan, sarana ibadah, pelestarian alam, serta sarana dan prasarana umum. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :