Dark/Light Mode

KAI Commuter-PT INKA Sepakat Tandatangani MoU Pengadaan KRL

Senin, 9 Mei 2022 21:19 WIB
Penandatanganan MoU pengadaan KRL yang dilakukan KAI Commuter dengan PT INKA, di Jakarta, Senin (9/5). (Foto: Dok. KAI)
Penandatanganan MoU pengadaan KRL yang dilakukan KAI Commuter dengan PT INKA, di Jakarta, Senin (9/5). (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
PT INKA berkomitmen merealisasikan MoU ini sesuai target dari KAI Commuter. Rencananya, selain produksi, PT INKA juga akan menyediakan layanan purna jual seperti penyediaan suku cadang komponennya. Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam penyediaan produk dalam negeri yang andal karya anak bangsa.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, penandatanganan MoU ini akan menjadi pedoman bersama antara KAI, dalam hal ini KAI Commuter, dan INKA dalam mempersiapkan rencana pengadaan 16 rangkaian KRL ini dengan baik dan komprehensif serta berlandaskan kepada Good Corporate Governance. Termasuk memastikan agar pengadaan ini dilaksanakan dengan tepat kualitas dan tepat waktu.

Baca juga : KPK Umumkan Eks Bupati Tabanan Tersangka Kasus Suap Pengurusan DID

KAI melihat, optimisme pemulihan ekonomi ini luar biasa, dengan peningkatan pelanggan telah terlihat dengan keterisian okupansi sudah hampir 100 persen. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan transportasi publik yang efisien, ramah lingkungan, terjangkau, serta tertib protokol kesehatan.

“Sejalan dengan kondisi itu, maka rencana pengadaan sarana KRL baru ini yang akan dilaksanakan KAI Commuter dan INKA ini nantinya tidak terlepas dari pesan Presiden bagaimana kita membangun transportasi yang efisien, ramah lingkungan, terjangkau oleh masyarakat, serta dengan mempertimbangkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang akan menjadi standar kita ke depan,” kata Didiek.

Baca juga : Kini Bukti Setor Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak

KAI Commuter, sebagai operator KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo, dalam mengoperasikan pelayanan KRL membutuhkan sarana yang andal sebagai modal utama dalam melayani pelanggan. Dengan target 1,2 juta pengguna tiap harinya, KAI Commuter memerlukan sarana KRL yang andal dalam menjalankan operasionalnya untuk memenuhi target tersebut.

“MoU antara KAI Commuter dan PT INKA ini diharapkan bisa mendukung terciptanya operation excellence KAI Commuter yang menjadikan transportasi KRL ramah lingkungan dan efisien. Melalui MoU ini juga, diharapkan pelayanan yang bisa diberikan kepada pengguna KRL akan semakin baik dan jumlah pengguna transportasi umum akan semakin meningkat,” ujar Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.