Dark/Light Mode

Postur APBN 2022 Bakal Diubah

Sri Mulyani Siap-siap Hadapi Ancaman Inflasi

Jumat, 13 Mei 2022 06:30 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto : Dok Kemenkeu).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto : Dok Kemenkeu).

 Sebelumnya 
Mantan Direktur Pelaksa­na Bank Dunia itu berharap, APBN dapat menjadi bantalan yang baik, tetap suistanable dan fokus pada program utama. Yaitu, masyarakat terlindungi, ekonomi tetap tumbuh dengan APBN yang tetap sehat.

“APBN akan terus menjadi penyerap goncangan perekono­mian agar daya beli masyarakat tetap terjaga,” ucapnya.

Baca juga : Lestari Ajak Pemerintah Waspadai Ancaman Penyakit Baru

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy menilai, langkah Pe­merintah melakukan penyesuaian APBN 2022 di tengah ketidakpas­tian ekonomi dan kondisi geopoli­tik global sudah tepat.

Pasalnya, akibat kondisi terse­but, beban APBN terkait anggaran subsidi energi ikut meningkat karena disesuaikan dengan harga keekonomian minyak dunia saat ini.

Baca juga : Besok, Tim Putri Indonesia Siap Tarung Lawan Prancis

“Sangat tepat kalau Pemerintah melakukan penyesuaian APBN 2022. Khususnya untuk subsidi,” ujar Yusuf di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Pemerintah juga bisa mempertimbangkan perluasan anggaran perlindungan sosial (perlindsos) baik dari sisi penerima ataupun dari sisi jumlah bantuan.

Baca juga : PMN Garuda Diyakini Bisa Redam Keraguan Investor

Dalam kondisi ini, kata Yusuf, peran APBN sangat krusial. Apalagi, bansos yang dikucur­kan Pemerintah dengan angga­ran APBN menjadi penting di tengah potensi kenaikan inflasi.

“Likuiditas dari bansos dapat menopang tidak hanya masyarakat miskin, juga mereka yang hidup di sekitar garis kemiskinan. Misalnya masyarakat rentan miskin dan hampir miskin,” ujarnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.