Dark/Light Mode

Bangun Kampung Lali Gadget, Acmad Irfandi Sabet SATU Awards 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 12:15 WIB
Achmad berbagi kisah inspiratif mendirikan Kampung Lali Gadget dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022.
Achmad berbagi kisah inspiratif mendirikan Kampung Lali Gadget dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Astra International Tbk (Astra) melalui 13th SATU Indonesia Awards 2022, mengajak generasi muda untuk menyongsong cita-cita Indonesia Emas tahun 2045, menjadi negara yang berdaulat, maju, adil dan makmur.

Untuk itu diperlukan banyak bekal dalam mewujudkannya salah satunya sumber daya manusia yang unggul serta berdaya saing. Dalam mempersiapkan generasi berkualitas dibutuhkan sistem pendidikan berkualitas yang menjadi dasar untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

Sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mendapat pendidikan yang bermutu juga diperlukan untuk mencetak generasi emas tersebut. Tak hanya peran guru tapi banyak pihak yang juga dapat berperan dalam memberikan pendidikan yang baik dan efektif bagi generasi muda Indonesia.

Baca juga : Bangun Ruang Pintar, PNM Gaet BPKH Salurkan Investasi Anak Usaha

Seorang Tokoh Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara pernah berkata “Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang sebagai guru. Sepenggal kalimat tersebut pantas disematkan pada sosok Penerima Apresiasi 12th Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan Achmad Irfandi.

Achmad adalah seorang pemuda yang menginisiasi sebuah kampung di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menjadi Kampung Lali Gadget. Melalui kampung yang diciptakan bersama rekan-rekannya ini, ia membantu generasi muda setempat melawan kecanduan gadget dengan cara mengenalkan permainan tradisional.

“Mendirikan Kampung Lali Gadget sebagai daya tawar anak-anak untuk mengimbangi kecanduan atau dominasi gadget sehingga anak-anak lebih punya pilihan untuk bermain permainan tradisional yang lebih mendidik karakter anak-anak daripada bermain game online,” cerita Achmad dalam keterangan resmi yang dikutip, Sabtu (14/5).

Baca juga : Brantas Abipraya Boyong Dua Penghargaan di TOP CSR Awards 2022

Achmad berbagi kisah inspiratif mendirikan Kampung Lali Gadget dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 Pendidikan Nyawa Masa Depan Bangsa. Yang turut dihadiri Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Fasli Jalal, yang juga merupakan salah satu dewan juri SATU Indonesia Awards, Pekerja Seni Zeezee Shahab dan dipandu oleh Sheryl Sheinafia.

Dalam webinar tersebut Fasli Jalal dan Zeezee Shahab menyatakan harapannya tentang peranan generasi muda Indonesia dalam bidang pendidikan. “Pendidikan yang dapat menuntun kita menjadi bangsa yang maju. Semua itu ada di tangan kalian para generasi muda yang mampu mengubahnya,” ujar Fasli.

Zeezee mengamini. Saat ini menurutnya, generasi muda harus sadari bahwa segala kemajuan suatu negara tergantung pada pendidikannya. “Alangkah mulia jika kita tidak hanya fokus pada pendidikan masing-masing tapi bisa berkontribusi positif seperti apa yang dilakukan Mas Achmad Irfandi,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.