Dark/Light Mode

Bangun Kampung Lali Gadget, Acmad Irfandi Sabet SATU Awards 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 12:15 WIB
Achmad berbagi kisah inspiratif mendirikan Kampung Lali Gadget dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022.
Achmad berbagi kisah inspiratif mendirikan Kampung Lali Gadget dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022.

 Sebelumnya 
Mengenal Kampung Lali Gadget

Kampung Lali Gadget (KLG) merupakan program yang digerakkan Achmad, sejak 1 April 2018. Ia menggerakkan program ini, berdasarkan kekhawatirannya terhadap bahaya kecanduan gadget yang dialami anak-anak. 

Achmad menggerakkan kegiatan ini untuk mengantisipasi agar kecanduan gawai bisa terhindar di lingkungan tempat tinggalnya. Fokus kegiatan tersebut, mengadakan program konservasi budaya untuk mengangkat permainan tradisional yang ternyata cukup efektif untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gawai. 

Baca juga : Bangun Ruang Pintar, PNM Gaet BPKH Salurkan Investasi Anak Usaha

Kampung Lali Gadget merekrut kawan-kawan pemuda di Desa Pagerngumbuk dan pemuda di Sidoarjo. Pemberdayaan pemuda dan masyarakat dilakukan di dalam dan di luar desa. Pemuda yang diberdayakan bertugas sebagai perencana, fasilitator edukasi, dan pendamping.

Aktivitas yang digelar di program ini mengajarkan edukasi budaya, kearifan lokal, olahraga, edukasi satwa, permainan tradisional. Selain mengurangi kecanduan gawai, program ini juga membantu mengedukasi anak-anak tentang budaya dan kearifan lokal. 

“Saya berharap, program ini bisa berkembang dan menjadi desa wisata atau desa jujugan orang tua yang ingin berwisata edukasi dan menyembuhkan kecanduan gawai pada anaknya,” ucapnya.

Baca juga : Brantas Abipraya Boyong Dua Penghargaan di TOP CSR Awards 2022

Tim KLG juga berharap, isu kecanduan gawai bisa diangkat secara nasional dan menjadi keprihatinan bersama sehingga setiap orang berusaha mengurangi dampak dari hal tersebut.

Kisahnya membawa Achmad Irfandi menjadi Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan.

Tahun ini Astra kembali menggelar 13th SATU Indonesia Awards 2022. Penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp 65 juta serta pembinaan kegiatan. Selain itu, Astra juga memberikan apresiasi di tingkat provinsi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.