Dark/Light Mode

Bahas Strategi Jitu Angkat Program JKN-KIS, Dirut BPJS Kesehatan Rilis Buku Baru

Rabu, 18 Mei 2022 07:40 WIB
Direktur BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti saat meluncurkan buku barunya. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Direktur BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti saat meluncurkan buku barunya. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bukan hanya merupakan sebuah jaminan perlindungan kesehatan, namun juga merupakan program andalan yang komprehensif dalam menjamin akses masyarakat terhadap kesehatan perorangan.

Baik yang bersifat promotif (mempromosikan kesehatan), preventif (mencegah jatuh sakit), kuratif (pengobatan bagi yang sakit), dan rehabilitatif (rehabilitasi dan pemulihan setelah mendapatkan pengobatan yang memadai).

Baca juga : Bamsoet Harap Fit And Proper Test OJK Di DPR Hasilkan Pimpinan Terbaik

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam bukunya yang berjudul “Menyulam Program Jaminan Kesehatan Nasional Menjadi Andalan dan Kebanggaan Bangsa Indonesia”.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi; Komisi IX DPR, para tokoh, pemangku kepentingan, advokator, ilmuwan, organisasi profesi, aktivis serta penggerak jaminan kesehatan yang turut berkontribusi membangun dan mengembangkan sistem jaminan kesehatan nasional ini," ujar Ghufron dalam pelucuran buku, Selasa (17/5).

Baca juga : 6 Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan ASQ Awards 2021

Menurutnya, program JKN-KIS hasilnya tidak saja memberikan dampak terhadap pengentasan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi biaya out of pocket, serta meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan, literasi, dan derajat kesehatan, tetapi juga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dalam buku tersebut, Ghufron menjabarkan pandangan pribadinya mengenai seluk beluk Program JKN-KIS, mulai dari pondasi pemahaman awal seperti konsep dasar Program JKN-KIS yang berbeda dengan asuransi kesehatan komersial, kelembagaan, tata kelola hubungan antar lembaga, regulasi, kolaborasi antarinstansi hingga upaya membangun persepsi yang baik di mata pemangku kepentingan maupun masyarakat luas.

Baca juga : Sederhanakan Prosedur, BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Layanan Gagal Ginjal

Ghufron juga menjabarkan strategi untuk memperluas kepesertaan JKN-KIS, mencapai Universal Health Coverage (UHC), meningkatkan mutu pelayanan, serta menjaga sustainabilitas Program JKN-KIS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.