Dark/Light Mode

Semasa Jadi Bos Bandara, BKS Nyata Bangun Transportasi

Presdir AP II Ucapkan Selamat Kepada Menhub Atas Gelar Doktor Honoris Causa Dari UGM

Selasa, 24 Mei 2022 09:10 WIB
President Director AP II Muhammad Awaluddin (kiri) mengucapkan selamat kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atas gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) di Bidang Transportasi, yang diterimanya dari UGM Yogyakarta, Senin (23/5). (Foto: Humas AP II)
President Director AP II Muhammad Awaluddin (kiri) mengucapkan selamat kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atas gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) di Bidang Transportasi, yang diterimanya dari UGM Yogyakarta, Senin (23/5). (Foto: Humas AP II)

 Sebelumnya 
Hingga kini, secara berkelanjutan, Bandara Soekarno-Hatta dan bandara AP II lainnya juga membuka rute-rute baru di dalam negeri. Di samping menambah frekuensi penerbangan di rute eksisting.

Saat menjabat President Director AP II, BKS juga melakukan perubahan besar dengan menghapus penjualan tiket di seluruh bandara AP II, mulai 1 Maret 2015. Sejalan dengan regulasi yang diterbitkan Kementerian Perhubungan.

Setelah penjualan tiket pesawat dihilangkan di bandara, kini AP II bersama maskapai juga mengembangkan dan menyediakan mesin self check-in di bandara.

Baca juga : BKS Dianugerahi Doktor Honoris Causa Dari UGM

Selain itu, juga ada aplikasi Travelin, yang bisa digunakan untuk check-in dan pembelian tiket pesawat.

Contoh lain modernisasi sistem yang dijalankan BKS saat berkarya di AP II, adalah menghadirkan kendaraan bermotor roda empat sebagai angkutan sewa khusus (AKS).

Saat ini, AKS dikelola secara profesional. Sebagian juga menjadi armada dari taksi online di Bandara Soekarno-Hatta, untuk memenuhi permintaan penumpang pesawat.

Baca juga : Jonan Raih Gelar Doktor Honoris Causa Dari Unair

Jasa Porter Profesional

Awaluddin mengungkapkan, ide pengelolaan jasa porter secara lebih profesional di Bandara Soekarno-Hatta juga datang dari BKS.

Ide tersebut kemudian dikembangkan dengan memperkenalkan jasa Airport Helper pada 2016, lalu dikembangkan lagi dengan menyediakan jasa Concierge Express, guna memberikan asistensi check-in dan premium helper.

Baca juga : Menag: Selamat atas Penganugerahaan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Habib Luthfi

Sejak berkarya di AP II, BKS memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam membawa perubahan pengelolaan bandara menjadi lebih baik dan berdampak positif hingga saat ini.

Perubahan-perubahan tersebut kemudian dikembangkan lagi. Sehingga, bandara-bandara AP II memiliki daya saing yang terus meningkat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.