Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berjasa Bangun Sektor Transportasi

BKS Dianugerahi Doktor Honoris Causa Dari UGM

Senin, 23 Mei 2022 12:27 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) atas jasanya dalam pembangunan transportasi nasional. (Foto: Dok. Pribadi)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) atas jasanya dalam pembangunan transportasi nasional. (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) atas jasanya dalam pembangunan transportasi nasional.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Rektor UGM Nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari UGM Kepada Ir Budi Karya Sumadi dan berlaku sejak 20 Mei 2022.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, gelar doktor kehormatan ini diberikan kepada Budi Karya Sumadi atas peran dan jasa dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan dalam konteks mikro dan makro yang merupakan satu kesisteman yang tidak dapat dipisahkan.

Baca juga : ElectroluxAttackCare Bangun Water Point Implementasikan PHBS di Tangerang

"Termasuk di dalamnya bidang transportasi terutama jasa beliau dalam merajut konektivitas Nusantara," ujarnya dalam upacara penganugerahan gelar yang disiarkan secara virtual, Senin (23/5).

Profesor Teknik Sipil UGM sekaligus Ketua Tim Promotor Achmad Munawar mengatakan, penganugerahan gelar ini diberikan pada Budi Karya atas gagasannya soal Transportasi Merajut Nusantara.

Gagasan itu, kata Achmad, bermakna menjalin pulau-pulau di wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, dengan transportasi sebagai alat penghubung.

Baca juga : Petani Bima Dorong Firli Bahuri Maju Pilpres

"Melalui gagasan tersebut, Budi Karya sebagai ahli di bidang arsitektur dan perencanaan wilayah secara aktif dan konsisten mengimplementasikan perubahan paradigma Jawa sentris menjadi Indonesia sentris," ungkapnya. 

Menurutnya, Budi Karya telah menyadari bahwa transportasi selalu hadir di setiap kegiatan sosial ekonomi masyarakat sehari- hari. Sehingga perlu dilakukan pembangunan sistem transportasi yang menerus dan berkelanjutan guna merajut konektivitas nusantara.

Ia mencontohkan, pembangunan tol laut merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan konektivitas nusantara. Menyadari pentingnya hal tersebut, sejak tahun 2017 Budi Karya telah mendorong regulator dan operator dapat menyediakan berbagai moda jenis transportasi pendukung pada simpul tol laut.

Baca juga : Big Bang Jakarta Kembali Digelar Ini Daftar Artis-Harga Tiketnya

Achmad mengungkapkan, Budi Karya juga melakukan integrasi antar moda untuk meningkatkan integritas Pelabuhan Tanjung Priok dengan Stasiun Gedebage menggunakan kereta peti kemas.

Implementasi integrasi antar moda transportasi tersebut, meningkatkan efisiensi dan memudahkan pengangkutan barang atau logistik menuju tempat tujuan.

"Keberhasilan terobosan ini dijadikan sebagai inspirasi untuk meningkatkan integrasi antar moda pada simbol transportasi di Indonesia," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.