Dark/Light Mode

Gagas Rumah Resiliensi Indonesia

Muhadjir Apresiasi Stakeholder Aktif Informasikan Penanggulangan Bencana

Jumat, 27 Mei 2022 17:47 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah depan) dan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jarwansah, Direktur Industri Logam Kemenperin Liliek Widodo (kedua kanan). (Foto: Istimewa)
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah depan) dan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jarwansah, Direktur Industri Logam Kemenperin Liliek Widodo (kedua kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menginisiasi dibentuknya forum Rumah Resiliensi Indonesia sebagai wadah komunikasi bagi para stakeholder berbagi pengetahuan dan pengalaman baik dalam penanganan risiko bencana.

Forum ini dibentuk guna mendukung tercapainya salah satu tujuan dari forum internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke- 7 yang digelar di Bali 23-28 Mei 2022.

Baca juga : KSP Ajak Mahasiswa & LSM Suarakan Isu Penanganan Bencana

GDPRR ke-7 yang dilaksanakan oleh Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) bersama pemerintah Indonesia, adalah forum global untuk mengkaji dan membahas kemajuan pelaksanaan Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana.

Tema yang diangkat tahun ini adalah transformasi “Dari Risiko ke Ketangguhan: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Telah Berubah Karena Covid-19”. Menko Muhadjir mengatakan, ada empat target yang hendak dicapai dalam kegiatan tersebut.

Baca juga : Menko PMK Resmikan Rumah Resiliensi Indonesia Di Bali

“Target pertama lebih ke pemulihan pasca Covid-19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," ujar Muhadjir, dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Rumah Resiliensi Indonesia berdiri dari sekumpulan pegiat dan komunitas baik itu organisasi-organisasi kemasyarakatan maupun volunteer dan juga filantropi yang memiliki kepedulian tinggi di bidang pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Baca juga : Lestari Imbau Pemerintah Benahi Tata Kelola Penanggulangan Penyakit Langka

Muhadjir berharap melalui Rumah Resiliensi Indonesia ini semua pihak dapat bertukar pikiran, memberikan inovasi, dan bergotong royong menghadapi berbagai bencana baik bencana alam maupun non-alam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.