Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perintah Presiden Jokowi

Demi Tampung Turis Asing Bandara Manado Diperluas

Jumat, 5 Juli 2019 10:50 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Sam Ratulangi, Manado sudah tak mampu menampung luberan turis asing. Karena itu, September mendatang bandara ini akan diperluas hingga sanggup menampung 6 juta penumpang. 

HAL itu disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Manado, kemarin. Eks Gubernur DKI Jakar ta ini mengatakan, terminal di Ban dara Sam Ratulangi tak lagi cukup menerima kedatangan turis asing. Selain itu, runway ban dara juga masih kurang pan jang untuk pesawat saat men darat.“Kami sudah perintahkan agar segera dibangun terminal yang baru. Pembangunan akan dimulai September ini, dan selesaikan Agustus 2020,” kata Jokowi. 

Jokowi menjelaskan, peningkatan jumlah wisatawan asing yang masuk ke Manado sangat tinggi, sehingga menambah pe nerbangan internasional. 

Baca juga : Jokowi Minta Bandara Sam Ratulangi Manado Diperluas

Permintaan perluasan bandara juga muncul dari agen perjalanan wi sata serta masyarakat. Presiden juga sudah banyak men dengar maskapai asing yang me miliki jalur penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi. 

“Ada banyak yang sekarang sudah masuk ke sini. Silk Air, Sriwijaya, Lion Group. Silk Air dari Singapura, yang dua memang maskapai penerbangan nasional,” tuturnya. 

Bandara tersebut melayani 7 rute penerbangan internasional yaitu Singapura, Guangzhou, Chang sa, Tianjin, Shanghai, Nan ning, dan Xi’an.“Yang banyak terbangnya dari 7 provinsi yang ada di Tiongkok karena di sini kita melihat karena kedekatan. Sulut ini kan paling utara hanya 4 jam, ada target-target pasar memang setiap daerah berbeda-beda,” ungkapnya. 

Baca juga : Laksanakan Amanat Presiden Jokowi, Efisiensi Belanja Alsintan Kementan Rp 1,2 Triliun

Program perluasan Bandara Sam Ratulangi akan menjadikan terminal bandara menjadi 56.000 meter persegi dari luas 26.000 meter persegi. Perluasan itu bakal menampung 6 juta penumpang dalam setahun, melonjak dari kapasitas sekarang yang hanya 2,5 juta orang setahun. 

Jokowi mengungkapkan, perluasan bandara bakal bersamaan dengan pembenahan kawasan wisata di Sulawesi Utara.“Kami juga akan masuk ke produknya, saya ke sini untuk mengecek satu-satu kawasan wisata biar terintegrasi,” ujarnya. 

Jokowi berharap semua pihak yang berkaitan dengan pariwisata ikut. “Ini kalau enggak di integrasikan enggak akan selesai-selesai padahal turisnya sudah ingin berbondong-bondong ke sini,” tegasnya. 

Baca juga : Pilpres Kelar, Jokowi Gandeng Prabowo-Sandi Bangun Indonesia

Dirinya menilai, perluasan Bandara Sam Ratulangi dapat semakin meningkatkan industri pariwisata Sulut. Selain itu, masyarakat setempat juga bakal mendapatkan layanan transportasi udara yang lebih baik. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, bandara yang tadinya ha nya bisa menampung 2,5 juta penumpang, di proyeksikan bisa menampung lebih 5 juta penumpang. 

“Angkasa Pura l sudah melaku kan satu desain dan tender. Di harapkan pertengahan 2020 selesai. Bandara ini sangat bagus, pantas sebagai salah satu penunjang destinasi wisata dan bisa menjadi gerbang Sulut. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.