Dark/Light Mode

Terima Menteri Energi UEA

Wapres Tawarkan Kerja Sama Investasi Energi dan Infrastruktur

Sabtu, 6 Juli 2019 07:31 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Menteri Energi dan Industri Persatuan Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Mohamed Al Mazrouei  di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (5/7).
Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Menteri Energi dan Industri Persatuan Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Mohamed Al Mazrouei  di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (5/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, kemarin menerima kunjungan Menteri Energi dan Industri Persatuan Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Mohamed Al Mazrouei bertemu  di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Pada kesempatan ini, Wapres menawarkan kerja sama dalam  bidang energy dan Infrastruktur. Selain itu, pertemuan juga membahas rencana kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan yang juga Deputy Supreme Commander of the UAE Armed Forced ke Indonesia, pada minggu ketiga bulan ini.

“Kami membahas seputar investasi kedua negara serta mempersiapkan kedatangan yang mulia raja, sultan, kemudian juga kemungkinan persiapan untuk pembicaraan soal investasi bersama untuk negara," kata Wapres usai pertemuan.

Namun, lanjut JK, kerja sama tersebut masih dalam proses penjajakan dan belum ada kesepakatan. "Kami masih tahap penjajakan. Ya mudah-mudahan investasinya bisa lancar," kata JK.

Baca juga : Para Pengemplang Pajak Tak Akan Tidur Nyenyak

Sementara itu, Suhail menjelaskan, negaranya berkomitmen untuk meningkatkan investasi di Indonesia. 

“Uni Emirat Arab berencana meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia untuk meningkatkan perdagangan bilateral dan mengembangkan investasi,” kata Suhail.

Sejumlah sektor yang berpotensi untuk dikembangkan antara lain sektor energi, real estate, dan pariwisata. Suhail mengaku, senang berkunjung ke Indonesia. 

Menurutnya, Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia, sebab itu pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan investasi.

Baca juga : Jokowi Terpilih Lagi, Pangeran MBS Siap Investasi Gede-gedean di Indonesia

"Kami sangat berkomitmen untuk meningkatkan investasi kami di Indonesia. Indonesia adalah ekonomi terbesar ke 14 di dunia. Kami ingin UEA meningkatkan bisnis kami dengan Indonesia meningkatkan perdagangan bilateral dan mengembangkan investasi," kata Suhail.

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga menerima delegasi pemerintah Uni Emirat Arab yaitu Otoritas Investasi Abu Dhabi (Abu Dhabi Investment Authority - ADIA) pada hari Rabu, 3 Juli lalu. 

Pertemuan ini guna menjajaki potensi investasi pada beberapa segmen proyek pengembangan usaha dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), rombongan perwakilan ADIA ini diterima Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha (RPU) Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro dan Staf Khusus IV Menteri BUMN, Alex Sinaga beserta perwakilan Direksi dari delapan BUMN.

“Kehadiran mereka kali ini juga merupakan bagian dari rangkaian rencana kunjungan kenegaraan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, the Crown Prince of Abu Dhabi and Deputy Supreme Commander of the UAE Armed Forced ke Indonesia pada minggu ketiga Juli mendatang,” ujar Aloysius.

Baca juga : Jokowi Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

Dalam kesempatan ini, kedelapan BUMN tersebut memaparkan proyek-proyek andalan yang tengah dan telah mereka kerjakan, seperti misalnya pengembangan Proyek Mandalika Lombok yang merupakan sinergi antara PT PLN dan PT Angkasa Pura I. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.