Dark/Light Mode

OJK: Konflik Rusia-Ukraina, Tantangan Berat Perekonomian Global & Domestik

Kamis, 2 Juni 2022 22:49 WIB
Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dan Keuangan Digital Imansyah saat ajang penghargaan Indonesia Financial Top Leader Awards 2022, dikutip Kamis (2/6). (Foto: Istimewa)
Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dan Keuangan Digital Imansyah saat ajang penghargaan Indonesia Financial Top Leader Awards 2022, dikutip Kamis (2/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dan Keuangan Digital Imansyah mengungkapkan, perekonomian global dan domestik di 2022 masih menghadapi sejumlah tantangan.

Tantangan tersebut antara lain tren kenaikan harga komoditas global yang didorong oleh adanya risiko geopolitik internasional. Yang dimaksud rosiko geopolitik internasional adalah dampak dari konflik Rusia-Ukraina.

Baca juga : UI Gelar Penelitian Rumah Tahan Gempa Berbasis Kearifan Lokal Di NTB

"Konflik kedua negara ini berdampak pada minimnya rantai pasok dan mendorong kenaikan harga komoditas sehingga memicu terjadinya inflasi global," jelasnya di sela ajang penghargaan Indonesia Financial Top Leader Awards 2022, dikutip Kamis (2/6).

Sementara tantangan dalam negeri adalah pemulihan pasca puncak kasus Covid-19. Ia menerangkan, ada berbagai kondisi yang perlu menjadi perhatian bagi para pelaku ekonomi. Kondisi tersebut di antaranya mengenai perubahan perilaku di kalangan masyarakat.

Baca juga : Indonesia Memang Perlu Bangun Konsensus Di G20

"Begitu juga dengan dunia usaha yang sudah mengakselerasi ekonomi hijau dan ekonomi digital," kata Imansyah.

Sejumlah tantangan tersebut mendorong lahirnya solusi yang inovatif dan efektif dari para pelaku ekonomi. Termasuk dunia usaha, agar dapat mempertahankan serta mendongkrak perekonomian dalam negeri.

Baca juga : Krisis Rusia-Ukraina, MPR Imbau Pertimbangkan & Kedepankan Kemanusiaan

Sekadar informasi, Indonesia Financial Top Leader Awards 2022 merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Warta Ekonomi. Pada gelaran kali ini, Warta Ekonomi menganugerahkan penghargaan kepada 82 pemimpin perusahaan yang berasal dari lintas sektor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.